Menko Marves Luhut Pagi ini Kunjungi Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menko Marves Luhut Pagi ini Kunjungi Malang
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Menko Marves Luhut Pagi ini Kunjungi Malang

Satukanal.com, Malang – Menyusul keputusan pemerintah pusat untuk melakukan perpanjangan PPKM Level 4 di wilayah Malang Raya, hari ini Rabu (13/8/2021) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan bakal berkunjung ke Malang.

Kunjungan Menko Luhut diperkuat dengan kunjungan Tim Ahli Menko Marves sudah terlebih dahulu menyambangi Bhumi Arema pada Rabu (11/8/2021). Kedatangan tim sendiri untuk melakukan persiapan menyambut kedatangan Menko.

Salah satu tim Menko Marves yang datang yakni Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto datang ke Malang mengusulkan agar Kota Malang dapat melakukan isolasi kepada ibu hamil yang terpapar covid-19.

“Kondisi ibu hamil yang terpapar memiliki risiko tinggi. Saturasinya cepat (menurun) jika kekurangan oksigen,” ungkapnya.

Pihaknya menyebutkan, agar membuat isolasi ibu hamil dengan kapasitas kecil-kecilan antara 20 sampai 30 kamar. Sejauh ini isoter ibu hamil yang telah dikunjungi berada di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :  Pemkab Mojokerto Gelar Seleksi CPNS dan PPPK 2021, 1 Peserta Ujian Positif Covid-19

Diketahui, baru akhir bulan Juni 2021 pemerintah mengeluarkan keputusan vaksinasi bagi ibu hamil. Padahal, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah mengirimkan surat rekomendasi vaksinasi ibu hamil kepada ke Kemenkes dinilai lambat. Banyak ibu hamil yang terpapar covid-19.

“Karena anjuran ibu hamil divaksinasi terlambat,” ujarnya.

Sementara Walikota Malang, Sutiaji mengatakan kedatangan Deputi Bidang Kemenko Marves untuk persiapan data yang dimiliki. Serta salah satu usulan untuk membuat isolasi bagi ibu yang sedang mengandung.

“Disiapkan data. Data termasuk isolasi terpusat, dan akan melakukan isolasi kepada ibu hamil,” terang Sutiaji.

Terkait isolasi terpusat (isoter), Sutiaji mengklaim sudah melakukan sebelumnya. Tapi penerapan di lapangan belum bisa sesuai yang diharapkan. Banyak masyarakat yang enggan dibawa ke safehouse.

“Isoter sebenarnya sudah ada, tapi belum dimaksimalkan,” pungkasnya.

Kedatangan dan Brodcast Penolakan Kedatangan Menko Marves ke Malang

Kunjungan mantan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan ke Malang diduga sempat menuai pro-kontra. Beberapa hari menjelang kedatangannya muncul pesan berantai di grup whatsapp bernada seruan aksi penolakan yang akan dilaksanakan hari ini.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Majapahit, Pemkab Mojokerto Gelar Mangesti Suro

Kemunculan pesan yang mengatasnamakan Gerakan Aktivis Milenial (GERAM) Malang Raya itu, berlatar belakang atas hasil evaluasi Menko Marves dimana sejumlah daerah dinilai masih belum efektif menekan laju penularan Covid-19, salah satunya Malang Raya. Pemerintah pusat menyatakan akan melakukan intervensi langsung penanganan pandemi di wilayah Malang tersebut.

Namun justru GERAM menilai, Menko Marvesa yang ditunjuk oleh Presiden sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali juga masih belum mampu mengatasi dan mengendalikan lonjakan kasus covid-19 sehingga menjadi indikator bahwa tidak ada keberhasilan apapun yang dilakukannya dalam memutus mata rantai covid-19 di berbagai daerah yang melaksanakan kebijakan PPKM ini.

Pewarta: Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah

 

    Kanal Terkait