Menkes Berharap Indonesia Kuasai Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menkes Berharap Indonesia Kuasai Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19
Menkes RI
BERITA Kanal Straight

Menkes Berharap Indonesia Kuasai Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19

Satukanal.com, Nasional – Dilansir dari laman covid19.go.id, Selasa (16/11/2021), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, berharap kehadiran vaksin Merah Putih dapat membuat Indonesia lebih handal dalam bidang teknologi pembuatan vaksin.

“Saya harap Indonesia bisa menguasai teknologi. Bukan hanya berbasis dari teknologi virus atau teknologi protein rekombinan maupun asam nukleat,” terangnya.

Diketahui, vaksin Merah Putih ini dikembangkan peneliti Indonesia guna memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Vaksin tersebut dikembangkan dengan platform inactivated virus yang melibatkan berbagai institusi dalam konsorsium, termasuk Universitas Airlangga (Unair).

Baca Juga :  Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video

Terkait dengan tahap uji pra-klinis vaksin Merah Putih telah melalui tahap satu, dua dan tiga kepada hewan dengan hasil yang aman dan baik. Adapun uji klinis tahap satu vaksin Merah Putih akan mulai dilakukan kepada 100 orang.

Kemudian, bibit vaksin akan diteruskan dengan uji klinis tahap dua kepada 400 orang pada Januari 2022, dan pada Februari 2022 akan dilakukan uji klinis terakhir kepada sekitar 1.000 orang.

Sebagai informasi, Menkes juga menyampaikan bahwa laju vaksinasi Covid-19 mengalami penurunan dalam tiga pekan terakhir. Penurunan laju vaksinasi ini disebabkan karena penggunaan vaksin Sinovac menurun dalam program vaksinasi dan diganti dengan jenis vaksin AstraZeneca dan Moderna.

Baca Juga :  Tak Hanya Singapura, Turis RI Juga Bebas Karantina Jika Berkunjung ke Negara Ini!

Budi meminta agar seluruh pihak dapat menyosialisasikan kepada masyarakat yang belum divaksinasi bahwa vaksin AstraZeneca, Pfizer dan Moderna aman digunakan.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, efek samping yang timbulkan setelah disuntik vaksin umumnya sama yaitu demam dan nyeri. Oleh karenanya, ia berharap masyarakat tidak khawatir. “Vaksin-vaksin ini aman, tidak usah ragu-ragu untuk segera divaksin,” ucap dia.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait