Meningkat Tiga Kali Lipat Kasus Covid-19, Usai Pilkada Kediri? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Meningkat Tiga Kali Lipat Kasus Covid-19, Usai Pilkada Kediri?
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Meningkat Tiga Kali Lipat Kasus Covid-19, Usai Pilkada Kediri?

SATUKANAL.com, KEDIRI– Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kediri, mengalami penambahan sebanyak tiga kali lipat sejak hari Rabu, (9/12) kemarin.

Perihal data tersebut dibenarkan oleh Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, saat dikonfirmasi Satukanal.com, Jumat (11/12)

“Peningkatan drastis itu sejak hari Rabu kemarin tanggal 9 Desember, kemarin sebanyak 54 pasien. Untuk hari sebelumnya penambahan terkonfirmasi positif kisaran 15 pasien. Hampir 3 kali lipat,” terangnya.

Dikatakan untuk penyebab pastinya masih belum diketahui. Namun untuk penambahan klaster ditemukan dari kasus pasien luar kota yang menyebar ke klaster keluarga.

Selain dari klaster keluarga, Slamet juga mengungkapkan adanya penambahan klaster-klaster turunan baru dari pabrik rokok Tulungagung. Sebab awal mula penambahan kasus penyebaran terbesar ialah dari pabrik rokok tersebut.

Baca Juga :  Dinyatakan Positif Covid-19 Pasien di Banyuwangi Keluarkan Biaya Jutaan Rupiah

Selanjutnya, untuk mengaitkan penambahan jumlah dengan dugaan klaster Pilkada dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 yang dilaksanakan pada hari Rabu, (9/12) kemarin. Slamet Turmudi mengungkapkan, hal itu masih belum berdampak dalam lonjakan kasus penambahan terkonfirmasi saat ini.

“Belum, Pilkada baru kemarin. Belum ada indikasi klaster Pilkada. Kemarin petugas KPPS dan Pengawas PTPS, melalui Rapid tes. Hasilnya yang reaktif, enggak kami perbolehkan untuk mengikuti TPS,” tegasnya.

Slamet juga telah memastikan untuk penyelenggaraan Pilkada Kediri, keseluruhan telah mematuhi aturan protokol kesehatan ketat. Disebutkan, akan dilakukan pergantian bagi petugas KPPS dan Pengawas PTPS, apabila terindikasi reaktif pada hasil Rapid Test.

Baca Juga :  Benarkah Ada Penarikan Tarif Pemakaman Jenazah Covid-19 di Kota Malang? Ini Penjelasannya

Menurut sumber data Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, tercatat sebelum mengalami penambahan pasien terkonfirmasi positif pada hari Selasa (8/12), sebanyak sebanyak 15 pasien.

Pada hari Rabu (9/12) mengalami penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 55 pasien, dilanjut pada hari Kamis (10/12) sebanyak 54 pasien.

Dirinya turut menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait