Menilik Usaha Pembiakan Kucing Beromset Belasan Juta - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ega pengusaha pembiakan kucing (Foto: Anis Firmansyah/satukanal.com)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Menilik Usaha Pembiakan Kucing Beromset Belasan Juta

Satukanal.com, Kediri – Meningkatnya tren pecinta kucing oleh sebagian orang dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan Ega Triosandi warga Kelurahan Kemasan, Kota Kediri yang membuka usaha pembiakan kucing (Breeding).

Sebelum menekuni dunia Breeding, Ega merupakan pecinta kucing. Sadar peluang hobinya berpotensi mendatangkan uang ia akhirnya mendirikan usaha Breeding, hingga saat ini sudah ratusan kucing berhasil dijual berkat keuletannya.

“Saya Breder kucing dari tahun 2016 akhir. Untuk jenis Persia,” jelas Ega, Sabtu (10/7/2021).

Perawatan untuk beternak kucing milik Ega bisa dibilang sangat istimewa. Mulai kualitas makan dan kandang benar-benar dirawat dengan baik, karena setiap hari diwajibkan untuk terjaga kebersihannya dan kualitasnya.

Selain itu saat ada peranakan kucing berumur 3 bulan selalu diberi vaksin supaya kebal terhadap penyakit kucing.

Baca Juga :  Awalnya Iseng, IRT asal Jombang Raup Puluhan Juta dari Limbah

Dia mengakui memang ada kesulitan untuk menekuni usaha breding kucing. Mulai persiapan sebelum kucing kawin dan saat hamil, hingga dia menjadi bidan untuk sang kucing ketika melahirkan anak kucing dan di grooming. Lalu baby kitchen sebutan untuk anak kucing, harus melalui perawatan khusus selama tiga bulan.

“Breedeng paling sulit adalah perawatan saat grooming. Cara yang benar si kucing tetap nyaman, badan bersih, dan sehat. Itu menjadi bekal dasar setiap bradeer untuk dimiliki,” terangnya.

Untuk menambah skil dan kemampuannya, Ega sering bertukar pikiran dengan sesama breder-breder dalam dan luar Kota Kediri.

Omset usaha untuk breeding kucing miliknya dikatakan mampu menembus angka 15 juta per tiga bulannya. “Satu jenis flatnose bisa 3, sampai 4 juta rupiah, dengan 1 kali beranak menghasilkan 4, sampai 5 ekor. Dengan tanda kutip non minus tidak ada jamur, tinggal dikalikan,” Jelasnya.

Baca Juga :  Kepoin Ikan Cupang Bercorak Emas, Harganya Fantastis

Rincian harganya kucing jenis medium, mulai 800 ribu dan jenis flat nose. Atau biasa disebut hidung pesek dihargai senilai 1.3 juta rupiah. Lalu, untuk jenis sinteknose usia 3 bulan, sudah disertai vaksin 2 kali seharga 3.5 juta, sampai 4 juta rupiah.

“Pundi-pundi harga jual kucing ya untuk perawatan dari anak dan si induk kucing selanjutnya,” terangnya.

Ega menuturkan, penjualan kucing-kucing miliknya dilakukan melalu media sosial seperti Facebook dan Instagram. “Penjualan paling dekat ya di karisidenan Kediri, Malang dan Surabaya. Hingga terkahir kemarin diambil dari Jawa tengah,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait