Menilik Peran Kartini di Tengah Pandemi yang Kian Besar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menilik Peran Kartini di Tengah Pandemi yang Kian Besar
BERITA

Menilik Peran Kartini di Tengah Pandemi yang Kian Besar

Satukanal.com, Malang – Tanggal 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini, Kini perayaan Hari Kartini pun masih sama seperti tahun lalu, karena Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi seperti saat ini, peran Kartini semakin dibutuhkan baik dalam masyarakat maupun keluarga. Kartini modern perlu menciptakan lingkungan rumah yang bersih dan sehat serta suasana yang nyaman bagi seluruh anggota keluarganya.

Selain menjamin kebersihan dan kesehatan anggota keluarga. Para Ibu juga tengah disibukkan untuk mendampingi proses belajar anak di rumah dan memastikan asupan gizi yang cukup untuk anak-anaknya.

Tidak hanya itu, peran para perempuan atau Kartini masa kini dalam perusahaan dan dunia bisnis ternyata juga semakin dibutuhkan untuk membawa sudut pandang dan solusi yang berbeda terutama di kondisi sulit saat ini, sehingga perusahaan tidak hanya survive, namun bisa terus tumbuh.

Dikutip dari laporan tahunan Grant Thornton berjudul Women in Business 2021, yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, jumlah wanita yang memegang posisi manajemen senior di perusahaan secara global naik ke angka 31 persen.

Hal ini cukup menggembirakan karena sebelumnya angkanya hanya 29 persen selama dua tahun berturut-turut. Dari hasil survei juga menunjukkan jumlah wanita yang menduduki posisi level C-Suite (CEO dan COO) meningkat di angka 26 persen dibanding tahun lalu yang hanya berada di level 20 persen.

Baca Juga :  Sutiaji Apresiasi Dishub Malang Antisipasi Kerumunan Jam Pulang Sekolah

Sementara, Wanita yang berada di posisi chief finance officer (CFO) juga mengalami peningkatan menjadi 36 persen yang sebelumnya hanya di angka 30 persen secara global. Selain itu, jumlah wanita yang menduduki jabatan sebagai chief executive officer (CEO) pada 2021 ke angka 25 persen.

CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani mengatakan, peran Kartini modern dalam dunia bisnis saat ini menjadi jauh lebih penting terutama pada masa pandemi.

Gani mengatakan, Hasil terbaru laporan Women in Business menunjukkan peningkatan positif, “Jika melihat perkembangan peran wanita di negara lain, masih banyak potensi bagi wanita Indonesia untuk lebih berperan aktif di perusahaan mereka,” jelasnya.

Selain itu, Gani juga menegaskan, bagi seluruh perempuan Indonesia untuk selalu menggali potensi guna memberikan kontribusi bagi dunia usaha dan menjadi inspirasi bagi para perempuan lainnya.

Menurutnya, kesetaraan gender saat ini juga perlu terus dikembangkan agar wanita tidak hanya mampu membantu perusahaan yang mereka pimpin untuk tumbuh. “Mereka juga memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga :  Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses

Semantara itu, Erlina Burhan selaku Tim Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, seorang ibu merupakan sosok penting dalam keluarga untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, ibu memiliki peran lebih untuk selalu memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarganya tetap berada di rumah dan membuat suasana nyaman.

Sebagai tenaga kesehatan, Erlina mengatakan, perempuan memiliki kemampuan lebih untuk dapat dekat dengan pasien dan memberikan edukasi kepada keluarga. Data menunjukkan, sekitar 70 persen tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat adalah perempuan.

Erlina berpesan pada semua ibu, tenaga kesehatan, dan para perempuan untuk tetap menjaga kesehatan. “Pesan saya kepada para perempuan Indonesia adalah agar berperan mencegah Covid-19, apapun, tidak masalah besar atau kecil semuanya berarti. Anda semua adalah pahlawan di keluarga dan tempat masing-masing,”ungkapnya.

Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di Indonesia. Capailah impianmu dan selalu bertindak positif.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait