Menilik HUT 'Bapak Republik' di Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peringatan HUT Tan Malaka di Makamnya yang ada di Desa Selopanggung Kecamatan Semen (Foto: Anis Firmansyah/Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Menilik HUT ‘Bapak Republik’ di Kediri

Satukanal.com, Kediri – Matahari baru menampakkan diri, hawa dingin masih menyelimuti, sebuah makam di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kediri yang biasanya sepi mendadak ramai kunjungan orang. Tak hanya warga sipil aparat kepolisian dan TNI tampak berjaga di lokasi, Rabu 2 Juni 2021.

Tidak untuk aksi masa, mereka datang untuk melakukan peringatan Hari Ulang Tahun pejuang kemerdekaan sekaligus Pahlawan Nasional, Ibrahim Datuk Tan Malaka yang ke-124. Perayaan kali ini merupakan yang pertama kali digelar secara khsus oleh beberapa komunitas di Kediri.

Koordinator aksi, Ari Hakim mengatakan, tujuan diadakan peringatan hari ulang tahun Tan Malaka adalah untuk mengenang jasa dan sejarah sosok Tan. Hal itu dilakukan sebab pahlawan kelahiran Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat itu mulai terupakan.

“Selain mengingat, tujuan kita adalah untuk mempermudah peziarah untuk menuju ke makam, dan agar masyarakat umum mengetahui sosok Tan Malaka sebagai pahlawan nasional. Ini juga sekaligus momentum kelahiran Tan Malaka 2 Juni,” kata Ari Hakim kepada Satukanal di Makam Tan Malaka, Rabu 2 Juni 2021.

Baca Juga :  CJH Batal Berangkat, Pedagang Perlengkapan Haji Merugi Puluhan Juta

Menurut Ari, selama ini sejarah perjuangan ‘Bapak Republik’ itu terus terkikis, padahal dahulu gelar kepahlawannya diberikan secara langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno melalui Surat Keputusan Presiden nomor 53 pada 28 Maret 1963.

Dia mengatakan aksi hari ini dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti penanaman pohon, pemasangan papan jalan, sarasehan sejarah, tahlil dan doa bersama.

“Dengan momentum aksi peringatan hari lahir Tan Malaka ini harapan kita sosok nya dapat lebih dikenal khususunya oleh masyarakat lokal. Apalagi dikalangan generasi muda yang ikut aksi ini, semoga dapat menjadi acuan perjuangan tokoh nasional,” katanya.

Ditambahkan oleh Ari, lokasi keberadaan makam tokoh nasional Tan Malaka memang terhitung jauh dari akses jalan besar. Sehingga melalui aksi ini, diharapkan keberadaan makam tokoh Tan Malaka semakin diketahui publik.

Baca Juga :  McDonald's di Kediri Mall Ditutup Polisi

“Kita memahami kalau beliau adalah sosok pejuang dimasa hidupnya. Dan harapannya sosok anak muda generasi selanjutnya dapat meneruskan sejarah, tentang sosoknya mulai dilupakan,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta aksi, Iwan Kurniawan mengaku senang dengan diadakannya acara HUT Tan Malaka tersebut, menurutnya Tan merupakan sosok yang patut untuk dijadikan pembelajaran serta edukasi bagi generasi yang akan datang.

Menurut Iwan, nama Tan seharusnya saat ini sejajar dengan nama pahlawan Indonesia yang banyak dikenal, karena jasanya juga tak kalah besar dibanding pahlawan lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini nama Tan semakin banyak dikenal oleh masyarakat banyak dan jasanya banyak diketahui publik,” pungkasnya.

 

 

Pewarta :  Anis Firmansyah, Ubaidhillah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait