Menilik Aksi 'Kamisan' Alumnus Smada 97 di Jombang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Straight

Menilik Aksi ‘Kamisan’ Alumnus Smada 97 di Jombang

Satukanal.com, Jombang – Demi membantu warga yang kurang beruntung pada masa pandemi ini, komunitas alumni SMA 2 (Smada) Jombang angkatan 1997 mengadakan aksi kamisan berbagi.

Yosep Fidianto, Koordinator Tekhnis ‘Kamis Sedekah’ mengatakan, ada alasan khusus kenapa komunitasnya memilih hari kamis.

“Kenapa kamis? Kebanyakan kegiatan berbagi makan terutama di jalan itu dilaksanakan hari Jumat, nah  biasanya di hari jumat sampai dobel-dobel, bahkan lebih-lebih, makanya kami mengambil peran di hari lain biar tidak numpuk dengan yang lain,” ucapnya saat dikonfimasi satukanal.com, Kamis (29/7/2021).

Targetnya siapa saja? Orang-orang yang  membutuhkan di jalanan seperti tukang becak, tukang sapu, pengemis, serta orang-orang tidak mampu disekitaran rumah alumni, supaya ada manfaat langsung untuk lingkungan sekitar.

Lebih lanjut, sumber dana yang digunakan untuk kegiatan amal ini berasal dari donatur alumni Smada jombang 97. Tekhnisnya, dipesankan makanan ke alumni yang mempunyai usaha jual makanan. Hal itu dilakukan karena, berharap ekonomi alumni juga berputar dengan adanya kegiatan ini.

“Semua alumni Smada jombang 97 mulai dari donatur, pengepul donasi, pemesan, yang membuat masakan sampai yang mendistribusikan ke jalan maupun kantong-kantong sekitar alumni,” jelasnya.

Kegiatan berbagai ini ternyata baru berjalab dua minggu. Namun, meskipun termasuk baru, Yosep punya keyakinan bahwa kegiatan amal ini bisa berkelanjutan.

“Baru dua minggu ini. Tujuan awal, karena kondisi pandemi saat ini pasti banyak yang terdampak terutama dampak ekonomi, dan yang paling berat adalah masyarakat yang tidak mampu,” katanya.

Kemudian, ia ingin pihaknya mengambil peran untuk melakukan langkah sederhana meringankan sedikit beban masyarakat.  Selain itu, pihaknya ingin menebarkan aura kebaikan. Seperti cahaya kebaikan tersebut, baginya pasti akan memantul ke sekitar sehingga akan memunculkan kebaikan-kebaikan yang lain.

“Kita memfasilitasi dengan kegiatan Kamis Sedekah ini, karena kami melihat diluar sana terutama teman-teman seangkatan animo berbaginya itu tinggi. Tapi kadang tidak punya waktu untuk menyalurkan. Nah kami jadi jembatan bagi teman-teman donatur dan orang-orang yang membutuhkan,” pungkasnya.

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait