SATUKANAL.COM
Menikmati Suguhan Gemerlap Kota Kediri di Puncak 'Watu Bengkah'
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Menikmati Suguhan Gemerlap Kota Kediri di Puncak ‘Watu Bengkah’

SATUKANAL.com, KEDIRI – Keindahan puncak “Watu Bengkah” tak boleh terlewatkan bagi para pecinta alam yang berkunjung ke kota Kediri. Pesona matahari terbit dan gemerlap lampu perkotaan malam hari, dapat terlihat dari atas sini.

Puncak Watu Bengkah terletak di lereng Gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, tepatnya di ujung Barat dan berjarak Tiga Kilometer dari pusat kota Kediri.

Dimasa pandemi, lokasi ini menjadi destinasi pendakian terfavorit di Kediri.

Pada hari Sabtu (10/10/2020) malam hari, di puncak Watu Bengkah terlihat ramai dan sesak area pendirian tenda.

Bila anda mau berkunjung dilokasi ini telah tersedia lokasi pendirian tenda. Beberapa penyedia jaringan seluler juga masih terjangkau. Serta jangan lupa untuk membawa sleeping bag untuk melawan dinginnya puncak gunung. Para pendaki berswa-foto, bercengkrama, memasak, dan bermain gitar bernyanyi ramai di atas bebatuan besar dipuncak gunung Watu Bengkah.

Menurut Didin Saputro, salah satu pendaki serta anggota Komunitas Sejarah Kediri, mengatakan asal usul dari nama Watu Bengkah adalah keberadaan  pecahan batu besar dipuncak gunung yang dilewati oleh para pendaki.

Baca Juga :  Harga Tak Kunjung Pulih, Petani Tomat Kabupaten Kediri Merugi

“Asal sebutan Watu Bengkah ya dari pecahan batu besar ini. Uniknya, batuan gunung sebesar ini seperti dibelah menjadi dua,” ucap Didin.

Puncak Watu Bengkah berada pada ketinggian 536 Mdpl, termasuk deretan panjang Pegunungan Wilis yang membentang ditiga Kabupaten, yakni Tulungagung, Kediri, dan Nganjuk.

Jalan pendakian yang dilalui cukup mudah, sehingga cocok bagi pendaki pemula atau destinasi di atas gunung untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Untuk sampai ke puncak tersebut, diperlukan waktu kisaran satu jam pendakian dari titik penitipan kendaraan.

Warga sekitar lereng gunung Klothok menyediakan jasa penitipan kendaraan 24 jam bagi para pendaki. Tepatnya berada dideretan perkampungan depan Universitas Kadiri (Unik).

Nantinya, setelah dari penitipan kendaraan, pendaki dapat berjalan ke arah barat mengikuti jalan raya hingga menemukan petunjuk arah Puncak Gunung Klothok. Selanjutnya, melalui jalan setapak dibeberapa persimpangan jalan bertuliskan arah puncak Watu Bengkah. Meskipun tidak sejauh pendakian Gunung Semeru atau Lawu, namun harus tetap sediakan logistik minuman dan makanan. Jalur pendakian berbelok dan tanjakan sudah pasti dilalui.

Baca Juga :  Pemain Persik Kediri Incar Usaha, Selain Sepak Bola

Tak sedikit para pendaki nampak lelah ditengah perjalanan yang menemui tanjakan menuju puncak Watu Bengkah. “Huh, Hah,..sudah berapa waktu yang kita tempuh,” teriak seorang pendaki tampak kelelahan.

Hingga sampai puncak Watu Bengkah rasa lelah nampak sirna. Pada waktu sampai puncak pukul 23.45 terlihat lampu gemerlap kota Kediri. Angin berhembus kencang, sembari canda gurau menikmati secangkir kopi bersama teman-teman.

Muhammad Yasa, pengunjung asal Desa Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, mengaku sudah tiga kali mengunjungi tempat ini. Berangkat sejak Sabtu sore hingga Minggu pagi.

“Berangkat dengan teman-teman, menghabiskan waktu malam Minggu. Saya berangkat rombongan tiga orang. Disini tempatnya bagus dan menarik. Jarak tempuhnya juga enggak panjang,” ucap Yasa, sembari menikmati secangkir kopi.

Pada saat ditemui wartawan Satukanal.com, Yasa membereskan tenda dalam persiapan pulang, Minggu (11/10/2020).

    Kanal Terkait