Menikmati Sensasi Snorkeling Air Tawar di Sumber Sira Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lokasi Wisata Sumber SIra (Foto:Yulsa Zena?Satukanal.com)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Menikmati Sensasi Snorkeling Air Tawar di Sumber Sira Malang

Satukanal.com, Malang – Di Kabupaten Malang ada sebuah tempat wisata alam yang patut dikunjungi untuk melepas penat dari aktivitas harian kamu. Destinasi yang dimaksud adalah Sumber Sira di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Pengunjung yang datang kesana akan dimanjakan dengan pemandangan hijau asri dari pepohonan dan sawah. Tak hanya pemandangan di lingkungan wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan sebuah sumber pemandian yang sangat jernih dan indah.

Tak cukup disitu, Wisatawan yang mau menjeburkan diri di pemandian akan dimanjakan dengan pemandangan bawah air yang juga tidak kalah indah. Saat menyelam di kedalaman, pelancong akan disuguhkan sebuah ekosistem bawah air yang cukup baik, tanaman jenis ganggang yang cantik, ditambah deretan ikan-ikan kecil, dan pasir hitam di dasar kolam, sangat alami.

Saking jernihnya pemandian banyak wisatawan yang berswafoto di bawah air, selain itu banyak juga yang memanfaatkannya sebagai ajang latihan diving dan snorkeling.

Ketua Pengelola wisata Sumber Sira, Didin Pahlevi mengatakan, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menikmati keindahan Sumber Sira. Pasalnya, harga tiket masuk pemandian ini hanya dibanderol Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Baca Juga :  101 Pelajar Kota Malang Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19, Dinsos Turun Tangan

“Fasilitas umum yang dimiliki Sumber Sira pun cukup memadai. Pelancong tak perlu bingung berganti pakaian, karena sudah tersedia beberapa toilet dan kamar ganti,” jelas Didin kepada Satukanal.com, Sabtu, (31/7/2021).

Namun sayangnya di masa PPKM ini di lokasi wisata Sumber Sira tidak ada penjual Makanan dan minuman sebab para pedagang mengeluh sepi saat pembatasan berlangsung.

Didin mengatakan, pandemi juga mengurangi jumlah pengunjung Sumber Sira, saat hari bisa mencapai 1500 dalam sehari, terutama saat hari libur. Namun sayangnya saat ini semakin berkurang dan menyentuh angka 800 pengunjung saja.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diperpanjang hingga 2 Agustus pun menambah derita. Karena sumber mata air tersebut harus ditutup total, pemasukan pun tidak ada. Hal tersebut berdampak terhadap pembangunan yang menjadi terhambat.

Tingkat kunjungan yang kian menurun juga berdampak bagi karyawan tempat wisata ini. Meski demikian, sebagai salah satu unit dari Bumdes setempat, persoalan keuangan masih dapat terbantu dengan kas yang dimiliki para pengelola. “Alhamdulilah kami punya uang kas dan untungnya belum sempat terpakai untuk pembangunan yang lain” ungkap Didin.

Baca Juga :  Sisa 300 Pasien Isoman, Kota Malang Gerak Cepat Pindahkan ke Isoter

Selama berlangsungnya PPKM Darurat, pendanaan hanya dipergunakan untuk pembiayaan perawatan, seperti kebersihan lokasi sumber dan taman. Selain memiliki air yang jernih dan rumput bawah air yang terkenal, salah satu nilai jual dari Sumber Sira sendiri yakni dikenal dengan keasrian lingkungannya. Sehingga, memperhatikan area wisata dirasa sangat penting.

Sebagai pengelola, Didin berharap agar kedepannya Sumber Sira lebih bagus dan tetap terjaga keasriannya. Ia juga menambahkan.

“Harapan kami agar pandemi segera pergi dari bumi Indonesia. Kalaupun tidak kunjung berakhir, saya harap pemerintah bisa menemukan solusi, selain menutup keseluruhan tempat wisata. Sepertinya, kalau new normal kemarin diterapkan secara maksimal, kita bisa hidup berdampingan dengan situasi ini,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis: Mandalika Naurah, Yulsa Zena 
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait