Menikmati Air Terjun Coban Kethak, Wisata di Kawasan Malang-Kediri Yang Menarik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menikmati Air Terjun Coban Kethak, Wisata di Kawasan Malang-Kediri Yang Menarik
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Menikmati Air Terjun Coban Kethak, Wisata di Kawasan Malang-Kediri Yang Menarik

SATUKANAL.com, MALANG– Saat melintasi jalur Malang-Kediri, sebuah destinasi wisata nampak di tengah perjalanan. Destinasi wisata ini bernama Coban kethak yang berada di area Perhutani perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri. Tepatnya, di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

Coban Kethak yang juga dikenal dengan nama Grojogan Singo yang berarti air terjun singa. Sebutan ini berasal dari tumpahan air terjun yang terbelah oleh sebuah batu, sehingga terlihat seperti kepala singa yang memiliki surai yang lebat. Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri.

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Malang sejak 2014. Tiket masuk wisata Coban Kethak sangatterjangkau yaitu 10 ribu rupiah per orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan bermotor hanya 3 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk kendaraann mobil.

Menariknya, wisata Coban kethaa menyediakan area parkir yang terbilang luas dan bisa menampung puluhan motor juga mobil. Tak hanya, area parkirnya pun tersusun rapi juga bersih. Untuk bisa melihat area wisata Coban kethak cukup dengan menuruni anak tangga yang tak cukup banyak. Dari situ kemdian akan ditemui spot foto di tengah pepohonan rindang.

Baca Juga :  Temuan Kepala kala, Belum Tercatat Disbudpar Kabupaten Kediri

Spot foto ini berada di atas papan kayu dengan hiasan ornamen sayap kupu-kupu yang indah. Rata-rata pengunjung akan memanfaatkan spot foto ini untuk sekedar moment bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Saat masuk mengarah ke lokasi air terjun yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari area parkir, akan langsung terlihat sebuah spot foto lagi. Spot foto ini berada di atas sisi kanan airterjun berupa jalan setapak yang dipaving dengan tanaman bunga di kanan-kirinya.

Selain itu, ada pula hiasan besi yang berbentuk menyerupai hati dengan tumbuhan hijau yang merambat di sekujur sisinya. Spot ini sangat menarik jika dijadikan tempat berfoto. Apalagi di belakangnya langsung berlatar air terjun Coban Kethak.

Tak hanya itu, di hadapan langsung air terjun Coban kethak juga ada sebuah bangunan panggung yang luas dengan pagar kayu. Di atas panggung ini terdapat ebberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati keindahan air terjun.

Meski aliran air terjun Coban Kethak ini terbilang tidak deras dan pendek, menikmati suara gemericik air terjun ini seakan memberi kenikmatan tersendiri bagi pengunjung. Apalagi jika menikmati keindahan air terjun ini dari sebelah samping kanan air terjun. Jika ingin melihat lebih dekat, di area jalan setapak dengan paggar kayu ini juga bisa menjadi pilihan.

Baca Juga :  Berkekuatan 6,1 Magnitudo, Gempa Malang Masuk Zona Benioff

Selain itu, ada titik lain yang cocok untuk menikmati keindahan ar terjun Coban Kethak yaitu dengan turun sedikit ke bebatuan di tengah aliran sungai, sehingga pemandangan ke arah air terju bisa terihat. Tentunya, dengan perpaduan bebatuan di sungai menjadikan suasanya semakin indah dan menarik.

Wisata Coban Kethak ini juga menyediakan sebuah playground atau areabermain untuk anak-anak. Area bermain berada di bawah pepohonan rindang in menyediakan berbagai jenis permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit dan sebagainya. Ada juga sebuah panggung yang cukup besar dilengkapi dengan tribun penonton yang biasa digunakan untuk pertunjukan musik atau kesenian saat akhir pekan.

Tak lupa, di area wisata ini beberapa warung makan juga bida dikunjungi untuk beristirahat. Selain warung makan, gazebo yang berada di taman Coban kethak juga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil membuka bekal makanan bersama keluarga.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait