Mengusung Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Ini Makna Logo Hari Pahlawan 2020 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mengusung Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Ini Makna Logo Hari Pahlawan 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mengusung Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Ini Makna Logo Hari Pahlawan 2020

SATUKANAL.com, NASIONAL – Tanggal 20 November ditetapkan sebagai peringatan Hari Pahlawan Nasional. Hari Pahlawan Nasional tahun 2020 ini mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” sedangkan tagline peringatanya adalah “Semarak Hari Pahlawan”. Tema kali ini memiliki arti, perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penetapan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati pada tanggal tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden No.316 tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditanda tanggani oleh Presiden Soekarno.

Meskipun pandemi Covid-19 masih belum tertuntaskan, peringatan Hari Pahlawan Nasional tetap dilaksanakan dengan melakukan publikasi secara maksimal melalui media sosial dan media konvensional.

Atas jasa-jasa yang dilakukan para pahlawan demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sudah sepantasnya dikenang sepanjang masa oleh seluruh masyarakat Indonesia dan diharapkan seluruh jasa-jasa para pahlawan dapat menjadi inspirasi maupun motivasi untuk dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Baca Juga :  RUU Larangan Minuman Beralkohol, Sanksi Pidana 10 Tahun Bagi Penjual

Hari Pahlawan Nasional tahun 2020 memiliki logo yang mengandung makna di dalamnya, jika diamati logo tersebut terdiri dari beberapa bagian. Yakni, gambar siluet mempertunjukan orang yang sedang terlihat membawa bambu runcing dengan bendera Merah Putih yang mengikat di bambu tersebut. Pada gambar tersebut juga terdapat tulisan “ Pahlawanku Sepanjang Masa” dan “Hari Pahlawan 2020” yang melingkari gambar siluet tersebut.

Logo yang dibuat untuk Hari Pahlawan Nasional tahun 2020 ini memiliki sejumlah filosofi, pada gambar Siluet memiliki arti seorang pemuda yang gagah berani dengan mengibarkan Bendera Merah Putih ke segala penjuru dunia, hal tersebut nantinya pemuda-pemudi Indonesia dapat terus berjuang sepanjang masa, belajar dan berkarya demi membangun bangsa.

Baca Juga :  RUU Larangan Minuman Beralkohol, Sanksi Pidana 10 Tahun Bagi Penjual

Adapun arti Bendera Merah Putih yang di ikatkan ke bambu runcing, yang mana Indonesia tetap menghargai dan menjunjung tinggi tradisi dan budaya di tengah arus moderenisasi. Lingkaran dan bendera Merah Putih yang mengelilingi lingkaran tersebut menggambarkan momentum hari pahlawan yang menunjukan eksistensi pemuda-pemudi Indonesia yang berbudaya dan disegani.

Dari makna-makna yang terkandung dalam logo tersebut, harapannya para muda-mudi penerus bangsa bisa belajar seperti pahlawan-pahlawan yang rela berkorban demi NKRI, bukan dengan cara perang namun dengan cara yang berbeda seperti, belajar dengan giat dan tekun, memiliki semangat yang tinggi dan tidak pantang menyerah menggapai cita-cita.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait