SATUKANAL.COM
Kabupaten Kediri
Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri Dodi Purwanto. (Foto: Isnatul Chasanah)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mengerucut ke Hanindhito, Mengapa Rekomendasi PDIP Tak Kunjung Turun?

SATUKANAL, KEDIRI – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kediri menegaskan pencalonan anak Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana sudah final. Namun, hingga saat ini surat rekomendasi calon bupati Kediri yang diusung PDIP belum juga turun.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri Dodi Purwanto mengatakan rekomendasi untuk Dhito, sapaan Hanindhito, tak kunjung turun karena hingga kini belum ada sosok yang bakal mendampingi Dhito sebagai calon wakil bupati. Oleh karenanya, rekomendasi untuk Dhito belum dikeluarkan DPP PDIP.

“(Rekomendasi) tidak (untuk) bupati atau wali kotanya saja, tapi rekom tersebut sudah harus berpasangan antara bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati,” jelas Dodi di kantor DPRD Kabupaten Kediri, Rabu (26/2/2020).

DPC PDIP Kabupaten Kediri, kata Dodi, sudah berupaya menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik. Selain itu, pihaknya juga mencoba berdialog dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  NasDem Tak Mau Terpengaruh Isu Calon Tunggal

“(Komunikasi tersebut) untuk menentukan siapa yang kira-kira nanti pas untuk mendampingi Mas Dhito,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Kediri itu.

Beberapa partai yang sudah diajak berkomunikasi aktif oleh PDIP antara lain PKB, Golkar, PAN, NasDem, dan Gerindra. “Komunikasi kita (sudah) dengan beberapa tokoh partai politik seperti dengan PKB, dengan Golkar, dengan PAN, dengan NasDem, dengan Gerindra sudah kita laksanakan baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi dan pusat,” sebutnya.

Lebih dari itu, Dodi menyebut semua masih dalam proses yang dinamis. Termasuk, dengan Gerindra yang menyatakan sudah melakukan komunikasi dan siap berkoalisi dengan PPP, Demokrat, dan PKS.

Baca Juga :  NasDem Tak Mau Terpengaruh Isu Calon Tunggal

“Ya semua butuh proses. Kita kan nggak tahu, namanya orang pacaran saja bisa lepas. Tetapi saya berusaha terus melakukan komunikasi agar komunikasi terjalin dengan baik, dengan tujuan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kediri,” tutupnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Arif Junaidi mengaku sudah melakukan komunikasi aktif dengan PPP, Demokrat, dan PKS. Jika keempat partai tersebut resmi berkoalisi, mereka akan memiliki 11 kursi.

Namun demikian, Gerindra sudah memastikan mengusung Wakil Bupati Kediri Masykuri sebagai calon bupati. Saat ini, pihaknya tengah menunggu Masykuri melengkapi persyaratan administratif Gerindra, termasuk nama calon wakil bupati dan partai koalisi.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait