Mengenang Wimar Witoelar, Sosok Kritikus di Era Orba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mengenang Wimar Witoelar, Sosok Kritikus di Era Orba
BERITA Kanal Figur

Mengenang Wimar Witoelar, Sosok Kritikus di Era Orba

Satukanal.com, Nasional – Kabar duka datang dari Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gusdur. Wimar Witoelar meninggal dunia, Rabu (19/05/2021) setelah sebelumnya dinyatakan dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan.

Kabar meninggalnya Wimar ramai dicuitkan di Twitter. Salah satu akun yang mengunggah kabar duka tersebut yakni akun @GUSDURians.

Akun para pengagum Gus Dur tersebut mengunggah foto Wimar bersama Gusdur dengan caption bertuliskan, “Innalillahi wa inna ilaihi roji,un. Jaringan GUSDURian berduka cita atas wafatnya Wimar Witoelar, Juru Bicara Presiden Gus Dur. Semoga eliau ditempatkan di sebaik-baiknya tempat kembali. Amin…” tulisnya.

Sepak Terjang Wimar Witoelar

Wimar Witoelar merupakan anak bungsu dari lima bersaudara dari orang tua berdarah biru Raden Achmad Witoelar Kartadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetimah Tanokoesomah. Ia ditunjuk sebagai juru bicara mantan Presiden Gus Dur pada tahun 2000 hingga mundur 2001, bersamaan dengan dilengserkan Gus Dur dari jabatannya.

Baca Juga :  Ramai #TolakKenaikanPPN, Warganet Sebut Kentut dan Nguappun Bakal Kena Pajak

Tak hanya dikenal sebagai juru bicara sekaligus tangan kanan Gus Dur, Wimar juga dikenal sebagai salah satu tokoh reformasi Indonesia, pegiat media hingga kolumnis. Sosoknya yang berani memberikan kritik keras, namun jenaka dan ringan terhadap pemerintahan orde baru menjadi pengingat yang sulit dilupakan.

Saat itu, Wimar Witoelar kerapkali menyampaikan kritikan melalui program televisi yang dipandunya seperti Perspektif (1994) di SCTV yang kemudian dihentikan oleh mantan Pesiden Soeharto. Bahkan, Wimar sempat dipenjara karena melawan Orba pada 1974. Namun kemudian ia kembali dan memandu sebuah acara yang bernama Selayang pandang (1997-2000) di Indosiar.

Baca Juga :  Ingat! Hari Ini Pengumuman Hasil SBMPTN 2021, Ini Link Aksesnya

Sedangkan, kiprahnya sebagai seorang kolumnis juga sempat mewarnai media-media ternama di Indonesia. Seperti, Today, Busness Week, News Week serta Australia Financial Revieew. Ia juga sering menjadi komentator di CNBC atau CNN.

Tak hanya itu, Wimar Witoelar juga sering dipercaya untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara internasional dalam bidang politik dan ekonomi seperti Sydney, London, Washington, New York dan Singapura.

Pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Wimar juga berperan aktif dalam isu-isu lingkungan melalui perusahaan kemuhaman InterMatrix Communications (IMX). IMX adalah perubahan Public Relations yang berfokus pada strategi komunikasi dalam isu-isu publik, terutama isu perubahan iklim, deforestasi dan isu-isu masyarakat adat.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait