SATUKANAL.COM
Mengenal Noronavirus, Infeksi Gejala Diare dan Muntah-dc7d8adb
KANAL VIRAL

Mengenal Virus Baru, Norona Virus dari China

Satukanal.com, Kediri – Virus Corona belum mereda, di China kembali dihebohkan dengan kemunculan virus baru bernama Norona Virus. kasus norona bermunculan di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanzi, China.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, pada (12/10/2020) telah dilakukan pengambilan sampel kasus pada 28 mahasiswa oleh Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Taiyuan.

Minggu (11/12/2020), dinyatakan sebanyak 22 pasien pada kasus tersebut diakibatkan oleh Noronavirus dan beberapa faktor lainnya.

Menurut MD jenis Noronavirus ini, menyebabkan pasien mengalami gastroenteritis akut (diare dan muntah berat). Yang dimana, dikonfirmasi pertama kali disebut dengan nama Virus Norlwalk sejak tahun 1972 di kota Norwalk, Amerika Serikat.

Saat itu menyebabkan 19 hingga 21 juta mengalami diare dan muntah berat, sehingga memenuhi ruang gawat darurat sebanyak 450.000 per tahun. Hal itu berdampak besar ke masyarakat dengan mudahnya penyebaran virus melalui makanan dan minuman.

Disebutkan virus ini terjadi sepanjang tahun, namun paling sering mudah terjangkit ialah saat musim dingin. Virus ini dikatakan sangat menular melalui penyebaran makanan dan air yang terkontaminasi virus oleh.

Dari halaman Mayo Clinic dijelaskan infeksi noronavirus lah yang menjadi penyebab muntah dan diare.

Dikatakan lokasi penyebaran sebagian besar di lingkungan yang padat dan tertutup. Seperti rumah sakit, panti jompo, pusat penitipan anak, sekolah, rumah makan, dan sebagainya.

Gejala

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh virus ini adalah mengalami Mual, muntah,sakit perut, hingga diare. Selanjutnya akan merasa demam ringan hingga nyeri pada otot. Tanda dan gejala tersebut, disebutkan terjadi mulai 12 hingga 48 jam ketika terpapar virus. Gejala tersebut berlangsung selama satu sampai tiga hari. Bahkan hingga lebih dari satu bulan tergantung kondisi kesehatan pasien yang terjangkit.

Faktor risiko

Hal yang menyebabkan resiko terinfeksi Noronavirus ini ialah makan disembarang tempat dan berada di tempat umum yang rentan seperti sekolah, Panti jompo, hotel, rumah makan. Selain itu kontak dengan seseorang yang positif terinfeksi, juga menjadi faktor resiko virus ini.

Pencegahan

Disebutkan juga dihalaman ini infeksi Noronavirus sangat menular. Namun dapat dilakukan pencegahan sebagai berikut:
1. Cuci tangan dengan bersih, dengan sabun, terutama dari lokasi rawan bakteri seperti toilet.
2. Hindari makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri (kotor), serta kontak dengan orang bergejala virus norona.
3. Cuci buah dan sayuran sebelum dimakan, dan apabila memasak Seafood usahakan sampai matang.
4. Apabila ada sisa feses (muntah), bauang dengan hati-hati supaya tidak berkontraksi lewat udara. Dengan cara merendam handuk sekali pakai dan dimaksukkan kedalam kantong plastik sekali pakai.
5. Bersihkan setiap permukaan benda yang mungkin terkontaminasi dengan dsinfektan dan memakai sarung tangan.
6. Usahakan bekerja dari rumah, dan kurangi intesitas keluar rumah sampai tanda-tanda atau gejala hilang.

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Redaksi Satukanal

  • -

Kanal Terkait