Mengenal Teknologi Seaglider, Benda Mirip Rudal Ditemukan di Pulau Selayar | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mengenal Teknologi Seaglider, Benda Mirip Rudal Ditemukan di Selayar
BERITA HIGHLIGHT KANAL VIRAL

Mengenal Teknologi Seaglider, Benda Mirip Rudal Ditemukan di Pulau Selayar

SATUKANAL.com, NASIONAL – Beberapa waktu lalu seorang nelayan di Pulau Selayar, Sulawesi menemukan Seaglider atau drone di air. Benda tersebut memiliki nama lain yakni, autonomous underwater vehicles atau AUV dan berfungsi untuk menggambarkan kondisi laut tempat benda tersebut diletakkan.

Seaglider merupakan salah satu kendaraan air tanpa awak yang dapat digunakan sebagai pengumpul berbagai data dari lokasi tempat benda tersebut dikirimkan. Penggunaan robot kecil ini juga diklaim aman dan berbiaya murah.

Seaglider memiliki sejumlah sensor untuk mendukung kerjanya seperti monitor suhu, salinitas, arus serta kondisi laut. Sementara, berdasarkan hasil pemeriksaan dari TNI AL, Seaglider yang ditemukan oleh nelayan tersebut memiliki dua sayap yang masing-masing berukuran 50 centimeter.

Seaglider tersebut memiliki panjang 22 cm. Robot kecil ini juga memilki antena belakang yang panjangnya sekitar 93 cm. Pada badan seaglider tersebut, terdapat instrumen mirip kamera serta seluruh kerangka dari seaglider ini terbuat dari bahan aluminium.

Baca Juga :  Pesawat Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Jatuh, Petugas Temukan Serpihan Diduga Milik Pesawat

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan cara kerja dari seaglider. Alat tersebut diluncurkan dari kapal atas permukaan dan dapat menyelam ke dasar laut untuk mengumpulkan data kelautan. Setelah mengumpulkan data kelautan di dasar laut, alat tersebut, bisa bergerak ke permukaan untuk mengirimkan data ke satelit.

Benda ini memiliki banyak desain, salah satunya berbentuk torpedo dengan dua sayap pada masing-masing sisinya seperti yang ditemui di perairan Indonesia beberapa waktu lalu. Kendaraan ini juga tidak punya mesin internal namun memiliki pompa untuk mengubah daya apungnya.

Baca Juga :  Akses Laman pedulilindungi.id Dan Siapkan NIK Untuk Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis

Yudo menyampaikan bahwa, seaglider umumnya tidak digunakan sebagai alat mata-mata. “Alat ini lebih pada untuk riset, riset bawah laut. karena memang alat ini tidak bisa mendeteksi kapal. Jadi bukan untuk kegiatan mata-mata dan sebagainya,” Ujarnya.

Data terkait bidang industri antara lain dapat mengetahui tentang arah arus dan kedalaman pada laut dimana seaglider ditempatkan. Biasanya, kata Yudo, data tersebut digunakan untuk industri perikanan dan pengeboran.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait