Mengekspresikan Budaya Muda Mudi dalam Novart '21 di Gedung Dewan Kesenian Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Salah satu karya yang dipamerkan dalam Novart'21 di gedung DKM. (foto: Lutfia Indah/satukanal.com)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Mengekspresikan Budaya Muda Mudi dalam Novart ’21 di Gedung Dewan Kesenian Malang

satukanal.com, Malang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang menyelenggarakan pameran nasional di Gedung Dewan Kesenian Malang pada 19-21 November 2021. Novart atau November Art merupakan annual event yang diselenggarakan selama dua tahun sekali ini menyatukan berbagai konsep dari program studi jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Novart tahun ini mengusung tema Muda-Mudi dengan menunjukkan kompleksitas budaya dan kehidupan anak muda.

“Budaya muda-mudi sebenarnya ruang lingkupnya banyak. Jadi mulai dari gaya hidup, kosakata, pergaulan, status sosial sampai ke prentelan-prentelan kecil yang nanti pengkaryanya ini bisa menuangkan kisah dan ide ceritanya ke dalam karya,” ungkap Nuzhan selaku Ketua Pelaksana Novart’21.

Baca Juga :  Komunitas Stasion Wujudkan Kota Malang Mendunia Melalui Industri Kreatif Digital

Bukan hanya pameran saja, acara yang dibuka dari pukul 10.00 WIB ini juga turut mempersembahkan performance art, workshop, dan mini exhibition pada bulan Oktober 2021 sebgai pra-acara. Nuzhan menjelaskan bahwa karya-karya yang kini dipamerkan, sebelumnya telah dilakukan kurasi. Dari sekitar 130 karya, disaring oleh Tim Kurator hingga menjadi 40 karya seni yang lolos untuk dipamerkan.

Open submission telah dilakukan mulai tanggal 29 Agustus – 14 November 2021 dan bukan hanya menampilkan pameran karya secara luring saja, namun juga terdapat empat karya yang ditampilkan secara online melalui website resmi Novart.

Baca Juga :  Stop Bullying, PGRI Kota Malang Inisiasi Pembentukan Agen Perubahan di Tiap Sekolah

Terlihat pada hari pertama pameran pada malam hari, seluruh area Gedung DKM riuh dipenuhi oleh pengunjung yang antusias menyaksikan pameran dan juga performance art. Sejumlah penampilan dari berbagai bintang tamu seperti Mirror Labs, Baskara Dance, dan solo gitar turut memeriahkan pameran ini.

“Persiapannya ini sekalian apresiasi buat panitia, karna mereka sudah mau bergerak dari September akhir sampai sekarang, jadi persiapan kurang lebih selama tiga bulan setengah,” lanjut Nuzhan.

Pewarta : Lutfia Indah

Editor : Danu S

Kanal Terkait