Menelisik Sebab Musabab Air Bah yang Menerjang Kota Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Banjir bandang yang meluluhlantakkan Kota Batu pada Kamis (4/11/2021) sore. (foto: capture video by hafid)
BERITA Kanal Highlight Kanal Lipsus

Menelisik Sebab Musabab Air Bah yang Menerjang Kota Batu

Banjir bandang yang menerjang Kota Batu Kamis (4/11/2021) sore terhitung paling dahsyat di kota wisata tersebut. Berbagai pihak berupaya menelusuri apa penyebab banjir bandang untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari.

satukanal.comBatu

TANPA diduga-duga, air bah menerjang sebagian Kota Batu yang dikenal keelokannya, Kamis (4/11/2021) sore. Banjir bandang memporakporandakan pemukiman penduduk, meluap ke jalan raya, menyeret kendaraan berukuran kecil maupun besar.

Data Tim Tanggap Darurat Banjir Bandang Kota Batu, terdapat enam desa terdampak, Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sumber Berantas, Tulungrejo dan Punten.

Hingga Sabtu (6/11/2021), dilaporkan tujuh korban meninggal dunia. Akibat banjir, sebanyak 35 rumah rusak,33 lainnya terendam lumpur. Sebanyak 89 keluarga terdampak dan mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga terdekat.

TNI/Polri, Pemkot Batu, relawan dan masyarakat bahu membahu melakukan kegiatan penanggulangan bencana banjir bandang di Kota Batu. (foto: c-1/satukanal.com)

Data BPBD Kota Batu, banjir bandang juga menyebabkan 73 kendaraan roda dua dan tujuh kendaraan roda empat rusak. Lalu, 107 ekor hewan ternak mati serta sepuluh kandang dilaporkan rusak.

Tak berhenti sampai di situ, banjir juga menimpa ke kota Malang. Kawasan pemukiman yang berdampingan dengan aliran sungai terdampak. BPBD Kota Malang mendeteksi tujuh titik banjir di Kota Malang. Mulai dari RW.09 Kelurahan Jatimulyo, Bethek Penanggungan, RW 02 Kelurahan Samaan, Kampung Putih Rampal Claket, Jodipan, Kesatrian Malang, Polehan, hingga Kota Lama.

Baca Juga :  Banjir Bandang Batu Rusak Jaringan Pipa PDAM, Warga Kesulitan Air Bersih

Titik terparah yang terkena dampak banjir terdapat di RW.09 Kelurahan Jatimulyo di mana terdapat hampir 61 rumah yang tergenang oleh banjir. Lalu, di Samaan terdapat 30 rumah yang terendam, dan 31 rumah di Kampung Putih. Untuk Kampung Putih, terdapat tiga rumah warga yang hanyut terbawa banjir.

Jika ditelisik, tragedi ini sejatinya tak terjadi begitu saja. Ada sejumlah faktor  yang mengakibatkan banjir bandang terjadi. Penelusuran satukanal.com terkait penyebab banjir bandang tersebut terangkum dalam sejumlah liputan berikut;

Salam Pembuka La Nina yang Menyapa Batu

Bermula dari hujan ekstrem mencapai 80,3 milimeter selama dua jam. Banjir Bandang Batu yang merenggut tujuh nyawa dan merusak puluhan rumah bagian awal dari La Nina. BMKG memprediksi puncak La Nina pada Januari – Februari 2022.

Selengkapnya

Baca Juga :  Strategi Pemkot Batu Mengantisipasi Banjir Bandang Susulan

Ketika Bendungan Alam di Kaki Gunung Arjuno Jebol

Hujan berintensitas tinggi akibat dari La Nina membuat kawasan hulu longsor di sejumlah titik yang menyebabkan terjadinya bendungan alam pada aliran sungai.

Selengkapnya

 

Walhi: Alih Fungsi 150 Hektar Lahan di Bagian Hulu Hambat Resapan Air

Banjir bandang Batu merupakan dampak dari alih fungsi lahan pada kawasan resapan air. Data WALHI menyebutkan, sekitar 150 hektar kawasan hutan pada hulu sungai dialihfungsikan menjadi ladang dan lahan pertanian.

Selengkapnya

Strategi Pemkot Batu Mengantisipasi Banjir Bandang Susulan

Jangka pendek, Pemkot Batu akan melakukan susur sungai untuk memantau bendung alam dan pembersihan pohon tumbang. Berikutnya, mengupayakan untuk menjaga resapan air di hulu.

Selengkapnya

 

Penulis : Lutfia Indah

Editor : Danu Sukendro

 

Kanal Terkait