Mendagri Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Bersinergi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Mendagri Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Bersinergi

Satuchannel.com, Kota Malang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengingatkan pemerintah harus satu komando, mulai dari Presiden hingga Kepala Desa itu namanya pemerintah dan harus bersinergi.

Menurut Tjahyo Kumolo, jajaran pemerintah daerah tidak hanya Walikota, Bupati, atau Gubernur saja, aparat kepolisian, TNI, Kejaksaan, pengadilan, dan mitra pemerintah daerah yakni DPRD. Tugas DPRD untuk menyusun apbd perencanaan dan perda2 dan fungsi pengawasan.

Baca Juga :  Musrenbang RPJMD, Sutiaji : Relokasi Anggaran Jadi Poin Penting

“Apa itu sudah cukup? Belum cukup di daerah, itu ada tokoh – tokoh daerah mulai tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh intelektual perguruan tinggi untuk mengambil kebijakan politik daerah.” tutur pria yang juga politisi PDI Perjuangan di acara Rakernas APEKSI 2017, Rabu (19/7).

Ia yakin setiap kebijakan yang diambil bisa berjalan dengan bekerjasama berbagai pihak. Ia mencontohkan pembatalan 3.339 perda karana tidak melibatkan pengadilan, Kejaksaan, kepolisian, dan departemen Kehakiman daerah dalam penyusunannya.

Baca Juga :  Musrenbang RPJMD, Sutiaji : Relokasi Anggaran Jadi Poin Penting

“Supaya semuanya jangan tumpang tindih, saya kira yang diinginkan pemerintah itu satu yakni harus kordinasi dengan semua pihak. Seorang Walikota, Bupati, Gubernur punya janji politik kepada rakyat yang memilihnya. Saya pun bisa diberhentikan Presiden.” jelas Tjahyo. (Iqb / Ars)

Kanal Terkait