Mendadak!, Jokowi Tetapkan PPKM Darurat Khusus Jawa-Bali - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Aturan PPKM Darurat Khusus Jawa-Bali, Simak!
Presiden Jokowi saat mengumumkan PPKM darurat (Foto: Youtube Sekretraiat Negara/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Mendadak!, Jokowi Tetapkan PPKM Darurat Khusus Jawa-Bali

Satukanal.com, Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali. Pemberlakukan ini dalam rangka menekan laju penularan virus corona (Covid-19) dan berlaku mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021 mendatang.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan pada Kamis (1/7/2021) dikutip dari akun Youtube resmi Sekretariat Presiden.

Sebelumnya Jokowi menyebut, PPKM Darurat ini akan berlaku di 6 provinsi dan 44 kabupaten di wilayah Jawa-Bali. Penerapan aturan baru ini tak terlepas dari lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga :  Ngetwit Soal Covid-19 RI, Dokter Faheem Younus Beri Rekomendasi Obat saat Isoman

PPKM darurat diberlakukan di kabupaten dan kota dengan skor asesmen tertentu, berdasarkan tingkat penyebaran dan penambahan kasus Covid-19 berdasarkan kapasitas respons yang diterbitkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bahwa PPKM darurat ini meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada PPKM Mikro yang selama ini sudah berlaku.

“Secara terperinci, saya telah meminta bagaimana pengaturan PPKM darurat ini, saya sudah meminta menteri koordinator marinves untuk menerangkan sejelas-jelasnya secara detail mengenai pembatasan ini,” ungkapnya.

Jokowi juga meminta kepada masyarakat untuk berdisiplin dan mematuhi segala aturan pada PPKM Darurat ini demi keselamatan seluruh masyarakat. Menurutnya, pemerintah akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Pemakaman Jenazah Covid-19 Secara Mandiri Diberi Lampu Hijau!

“Termasuk seluruh aparat negara, TNI dan Polri maupun Aparatur sipil negara, Dokter dan Tenaga Kesehatan harus baru membahu untuk bekerja sebaik-baiknya menangani wabah ini,” tegasnya.

Kapasitas Rumah Sakit, fasilitas isolasi terpusat, ketersediaan obat-obatan maupun alat kesehatan, hingga tangki oksigen, Menurut Jokowi, juga terus ditingkatkan oleh jajaran Kementerian Kesehatan dalam upaya mendukung mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait