Menanti Sekda Baru, Ini Kriteria Ideal Dimata Walikota - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Menanti Sekda Baru, Ini Kriteria Ideal Dimata Walikota

Satuchannel.com, Kota Malang – Jelang pergantian Sekretsris Daerah (Sekda), Walikota Malang Moch Anton mengomentari beberapa kriteria ideal Sekda di matanya.

Menurutnya sosok ideal yang dicari yakni sosok senior dan mampu bekerjasama dengan baik dalam pembangunan Kota Malang yang berkelanjutan.

“Kalau masih muda tidak mungkin yang dipimpin yang tua-tua, ya paling tidak senior karena ini kan naik dari eselon II ke IIA. Dan nanti yang menilai kan pansel itu ya,” ujar Abah Anton.

Baca Juga :  Wali Kota Malang Ungkap Tak Ada Bantuan Hukum untuk Pejabat Terjerat Narkoba

Ia menjelaskan bukan berarti yang muda tidak boleh mendaftar mengikuti lelang jabatan, hanya ia menilai peluang untuk lolos tahap seleksi cukup kecil. Secara ideal, Sekda nantinya juga harus dapat melakukan penataan birokrasi secara baik dan itu cukup sulit bila dilakukan sosok pimpinan lebih muda dari yang dipimpin.

“Tidak mungkin mereka bisa memimpin dengan pegang kekuasaan secara penuh, ini bisa jadi problem. Kita kan tidak cari problem, kita mencari Sekda agar bisa menata dan membawa SKPD yang ada, kan mereka ini akan menata SKPD,” tukas Anton.

Baca Juga :  Tingkat Penyebaran Melandai, Bupati Malang Tetap Kebut RS Darurat Covid-19

Adapun alur lelang jabatan Sekda ini dimiliki kewenangannya oleh Tim Pansel. Mulai dari menilai maupun mengoreksi kualifikasi kandidat sesuai kriteria yang ditentukan, hasil dari penilaian itu akan disampaikan ke Gubernur dan Komite Sipil Negara (KSN). Pendaftaran dan seleksi akan dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. (Iqb)

Kanal Terkait