Menag Himbau Masyarakat Kesampingkan Silahturahmi Langsung Saat Lebaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menag Himbau Masyarakat Kesampingkan Silahturahmi Langsung Saat Lebaran
Kanal Highlight Kanal Straight

Menag Himbau Masyarakat Kesampingkan Silahturahmi Langsung Saat Lebaran

Satukanal.com, Nasional – Melalui salah satu cuitannya di media sosial Twitter, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menghimbau masyarakat untuk mendahulukan kewajibannya sebelum menjalan sunah.

Yaqut mengatakan bahwa silahturahmi dan shalat idul fitri adalah sunah. Sedangkan menjaga kesehatan merupakan sesuatu yang wajib. Menurutnya, shalat Idul Fitri secara hukum adalah sunah. Sementara menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan adalah wajib.

Dengan demikian, masyarakat hendaknya mendahulukan yang wajib ketimbang sunah. Menag RI ini menghimbau masyarakat untuk mengesampingkan silahturahmi langsung dan shalat Idul Fitri karena bersifat sunah.

Baca Juga :  Rekomendasi Vitamin Saat Isolasi Mandiri, Simak!

“Dahulukan yang utama demi kesehatan kita, demi keluarga tercinta, demi masyarakat sekitar kita, demi Indonesia,” seperti dikutip Rabu (5/5/2021)

Selain itu, kata Yaqut, hukum mudik juga sunah. Sementara kesehatan adalah wajib. Untuk itu, dia menghimbau agar masyarakat tidak mudik dan patuhi kritik 5 M. Seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

Lebih lajut, ia menyebut bahwa halal bihalal atau silahturahmi lebaran saat pandemi bisa dilakukan secara virtual tanpa mengurangi makna. Dia meminta masyarakat jangan pernah lelah saling mengingatkan agat tetap disiplin jalankan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Indonesia Tempati Urutan ke 34 Perolehan Medali Olimpiade Tokyo

“Kenaikan angka yang terpapar Covid-19 meningkat di negara tetangga. hal ini membuat korban meninggal dunia juga meningkat. cluster penular besar atau super spreader juga merebak. semua itu menjadi larm bagi kita semua untuk meningkatkan disiplin diri,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait