Memprihatinkan, Puluhan Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kediri Terpapar Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG20210522085134_copy_640x480-d97fe6e6
Kanal Highlight Kanal Straight

Memprihatinkan, Puluhan Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kediri Terpapar Covid-19

Satukanal.com, Kediri Di tengah perang melawan pandemi Covid-19, tenaga kesehatan menjadi pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan pasien Covid-19. Tak sedikit, tenaga kesehatan yang justru harus menjadi pasien, karena terinfeksi virus ini.

Ketua IDI Kabupaten Kediri dr Ahmad Chotib menyebut sudah ada puluhan tenaga kesehatan yang terinfeksi virus Covid-19. Namun, dia tak bersedia membuka data pasti, berapa jumlah tenaga kesehatan tersebut. Bahkan, menurut dia, laporan tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 terus bertambah.

“Yang jelas sudah banyak yang terpapar. Jumlahnya puluhan. Mudah-mudahan dalam kondisi yang baik. Tidak ada yang sampai meninggal,” kata dr Chotib, kepada satukanal.com, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga :  Kisah Sukses Pengusaha Gula Merah Mini Asal Kediri, Peminatnya hingga Mancanegara

Chotib menyatakan prihatin terhadap kondisi tenaga kesehatan (Nakes) di tengah lonjakan kasus Covid-19 saat ini. Dia berharap seluruh nakes dalam keadaan baik dan tidak sampai muncul kasus meninggal karena terpapar virus Covid-19.

Bukan hanya di Kabupaten Kediri, dia juga prihatin kepada seluruh nakes yang terpapar Covid-19 baik di skala nasional maupun Jawa Timur. Akibat lonjakan kasus Covid-19 ini, mengakibatkan Rumah Sakit mengalami over load

Dalam kondisi seperti, nakes menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 yang tidak bisa terhindarkan. Nakes harus bersama masyarakat berjuang untuk mengatasi persoalan pandemi ini.

Untuk kasus nakes meninggal karena covid-19, dia berharap tidak akan terulang kembali di wilayah kabupaten Kediri. “Dulu awal-awal, kami hanya 1 kali kasus kematian, dibandingkan Anggota kami sekitar 300. Jadi jumlah kasus meninggal 1 : 300 persen dari anggota,” pungkasnya.

Baca Juga :  Persedikab Kesulitan Striker, Tony Ho: Peserta Seleksi Tidak Sesuai Harapan

Secara nasional, jumlah kematian tenaga kesehatan di Indonesia cukup tinggi. Melansir https://nakes.laporcovid19.org, jumlah kematian tenaga kesehatan di Indonesia akibat Covid-19 per 25 Juli 2021 mencapai 1.569 tenaga kesehatan. Mayoritas tenaga kesehatan yang meninggal karena virus mematikan tersebut adalah dokter, yakni sebanyak 545 orang. Disusul 498 perawat dan 296 bidan yang meninggal karena terpapar virus mematikan tersebut.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Danu Sukendro

 

    Kanal Terkait