Melihat Uniknya Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono, Bergaya Oriental Khas Negeri Cina - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Melihat Uniknya Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono, Bergaya Oriental Khas Negeri Cina
Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono (Foto: Mandalika Naurah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Pesona Kanal Straight

Melihat Uniknya Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono, Bergaya Oriental Khas Negeri Cina

Satukanal.com, Malang – Masjid dengan gaya bangunan unik dapat dijumpai di berbagai daerah. Seperti halnya Masjid Cheng Ho Surabaya yang mirip Klenteng. Namun, siapa sangka jika Kota Malang juga memiliki Masjid berarsitektur khas Cina ini.

Namanya, Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono yang terletak di Jalan Tlogomas No. 45, Landungsari. Berada tepat di sisi kanan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang, sekilas bangunan yang didominasi warna merah ini tampak seperti Masjid pada umumnya.

Padahal, ada hal unik dari bangunan Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono ini. Masjid ini memiliki atap susun 3 dengan ujung-ujungnya yang melengkung lancip, layaknya bangunan khas China. Pintu Masjid pun dibentuk seperti gerbang Klenteng. Begitu pula, dengan jendelanya yang berbentuk bulat menambah kesan bangunan bergaya oriental.

Baca Juga :  Kondisi Diego Michiels Membaik, Squad Arema Siap Tempur Kembali

Takmir Masjid yang berdiri sejak tahun 2009 ini, Choirul Amin Setiyadi mengatakan bahwa Masjid KHM. Bedjo Dermoleksono didirikan oleh Muhadjir Effendy yang kala itu menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Wajar saja, jika ada logo Muhammadiyah di beberapa sudut Masjid ini.

Choirul Amin menyebut, bahwa inspirasi bangunan Masjid ini berasal dari negeri Cina langsung. “Pak Muhadjir waktu itu selesai melakukan kuliah tamu di Cina. Lalu, ia melihat bangunan Tiongkok yang unik. Saat kembali ke Indonesia, ia langsung membangun masjid tersebut karena terinspirasi,” tuturnya.

Baca Juga :  Tabungan Jalan Keluar Perawatan Taman dan Kolam

Masjid yang mampu menampung 600 jamaah ini, kerapkali kedatangan tamu dari berbagai daerah. Hal ini lantaran bentuknya yang menarik, sehingga membuat pelancong menyempatkan diri untuk beribadah atau sekedar berfoto di depan masjid tersebut.

Terkait nama dari masjid tersebut, disebutkan oleh Choirul Amin bukan tanpa alasan. Nama KHM. Bedjo Dermoleksono merupakan tokoh yang pertama kali menggagas Muhammadiyah di Malang Raya. Ia jugalah yang mendirikan Badan Amal Usaha di Malang. Adapun, informasi lengkap mengenai tokoh ini dapat dilihat di dalam Masjid.

 

Pewarta : Mandalika Naurah
Editor : Adinda 

Kanal Terkait