SATUKANAL.COM
BERITA

MCW : Perubahan APBD Kota Batu Tak Berpihak Kepada Rakyat

Satuchannel.com, Kota Batu – Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) dalam Perubahan APBD Kota Batu tahun 2017 dinilai tidak berpihak pada rakyat. Hal ini terlihat berdasarkan kajian Malang Corruption Watch (MCW) pada peraturan yang berlaku dan penyusunan anggaran yang sangat terburu-buru.

“Proses PAK pada P-APBD Kota Batu hanya diselesaikan dalam waktu kurang lebih dua minggu, ini terkesan dipaksakan,” ujar Badan Pekerja MCW,  Atha Nursasi pada awak media di Kantor DPRD Kota Batu, Senin (31/7).

Ia menambahkan setelah dicek dalam P-APBD, target pajak daerah sangat pesimis dengan nilai piutang mencapai 14 M.

MCW Berikan Catatan P-APBD 2017(Swan)

“Ada 14 M yang masih mengendap sebagai piutang dari pajak hiburan daerah. Sementara di P-APBD 2017, target pajak daerah hanya meningkat 6 M,” tambah Atha.

Di penganggaran untuk kesehatan juga hanya 4%, dari ketentuan aslinya minimal 10% yang diatur undang – undang. Tentu ini memberikan kesan timpang dengan konteks keuangan daerah.

“Masyarakat mengeluh tentang akses kesehatan, kualitas kesehatan minim. Disisi lain upaya pemerintah tidak sebanding dengan peningkatan kebutuhan kesehatan yang ada,” tegasnya.

Di sektor pertanian, fokus penganggaran Perubahan APBD 2017 hanya dianggarkan 1,1 m. Menurutnya, ini merupakan bentuk ketidakseriusan Pemkot dan DPRD Kota Batu meningkatkan kesejahteraan petani.

MCW juga mencatat ada sekitar 10 – 15 investasi yang tidak terealisasi dengan baik, dengan total investasi 10,5 M antara tahun 2010 – 2017. Ini yang menjadi catatan penting bagi Pemkot Batu.  (Swd /Ars)

Kanal Terkait