SATUKANAL.COM
MCW Adakan Rilis Terkait OTT KPK (Istimewa)
MCW Adakan Rilis Terkait OTT KPK (Istimewa)
HIGHLIGHT RISET

MCW Nilai OTT Walikota Angin Segar Pemberantasan Korupsi Di Kota Batu

Satukanal.com – Terbongkarnya korupsi di Kota Batu dengan ditandai adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) ke Walikota Batu, Eddy Rumpoko dinilai sebagian pihak sebagai angin segar pemberantasan korupsi di Pemkot Batu. 

Divisi Riset Dokumentasi Malang Corruption Watch (MCW), Buyung Jaya Sutrisna, mengatakan mengapresiasi dan mendukung penuh langkah KPK dalam memberantas korupsi di Kota Batu.

“Kami mendukung penuh langkah KPK. Penangkapan Eddy Rumpoko ini bisa membuka pintu untuk mengungkap kasus korupsi lain. Berdasarkan riset MCW, potensi kerugian negara mencapai Rp 35 miliar dari kasus yang terjadi mulai 2010 hingga 2017,” jelas Buyung, Minggu siang (17/9).

Menurutnya, banyak kasus korupsi yang dinilai merugikan negara, namun belum tertangani oleh aparat penegak hukum secara maksimal hingga saat ini.  

Di sektor pajak hiburan misalnya, dari tahun 2010 hingga 2017, ada potensi kerugian negara mencapai Rp 24 miliar yang berasal dari dugaan korupsi tunggakan pajak hiburan.

“Ini ada indikasi permainan pajak antara Pemkot Batu dan pihak swasta, soal pajak hiburan, juga ada dugaan potensi kerugian mencapai Rp 2,2 miliar,” ungkap Buyung kepada awak media, di kantor MCW.

Ia menambahkan selain kasus tersebut, kasus korupsi PT BWR (Batu Wisata Resort, red), hanya berhenti pada penanganan di jajaran direksi saja. Belum mengarah kepada aktor utamanya.

Pembangunan kompleks Balaikota Among Tani mulai tahun 2009 hingga 2016 juga terindikasi terdapat dugaan korupsi.

“Pengadaan taman di Balaikota, juga bermasalah, meski sempat ada OTT dari Saber Pungli Kemenko Polhukam, tapi penyelesaian kasusnya belum jelas,” tuturnya.

KPK sudah menetapkan Walikota Batu Eddy Rumpoko sebagai tersangka kasus korupsi proyek di Pemkot Batu bersama Kepala Unit Pengadaan Layanan Barang dan Jasa, Edi Setyawan, serta seorang pengusahan Filipus Djap. (Aris)

Kanal Terkait