Masyarakat Ekonomi Syariah Persiapkan UMKM Kota Malang Tembus Pasar Internasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
WhatsApp Image 2022-01-11 at 13.42.20-9edb1c02
Para pelaku UMKM dan produk yang dipasarkan (Foto: Lutfia)
BERITA Kanal Straight

Masyarakat Ekonomi Syariah Persiapkan UMKM Kota Malang Tembus Pasar Internasional

Satukanal.com, Malang – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Malang mempersiapkan produk-produk UMKM Kota Malang memasuki pasar halal internasional.

Persiapan itu dimulai dengan menggelar seminar pada Selasa (11/1/2022) lalu. Lebih dari 100 UMKM di Kota Malang turut berpartisipasi dalam proses kurasi untuk dapat lolos dan dipasarkan produknya ke luar negeri.

“Kami bekerjasama dengan Halal Export Indonesia juga UMKM Jawa Timur maupun Kota Malang berinisiasi membuat seminar yang ditujukan untuk UMKM supaya bisa meningkatkan kemampuan,” ujar M. Arif Junaidi selaku Kepala Bidang Agrobisnis MES,

Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi MES beserta UMKM yang terlibat untuk menjadikan produk-produk yang mereka tawarkan dapat diterima dan diminati oleh pasar internasional.

Baca Juga :  Kapolres Jombang Sebut Halang-Halangi Proses Hukum MSAT Bisa Masuk Bui

Tak hanya itu, ini juga sebagai komitmen bersama untuk turut serta dalam membangun pasar halal Indonesia.

“Halal Export Indonesia juga sudah punya ekosistem di sana (luar negeri), dengan menggandeng mereka insyaallah akan lebih mudah untuk menjadi jembatan antara produsen di sini dengan pelanggannya di sana,” ujar Arif Junaidi ketika ditemui di Ruang Ngalam Innovation Hub yang terdapat di Gedung Graha Polinema.

Ia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan produksi para UMKM dan membuat para pelaku usaha ini dapat mengetahui standar-standar yang dibutuhkan untuk dapat masuk ke pasar internasional. Sejauh ini terlah terdapat beberapa negara yang telah terjaring dalam pemasaran produk oleh Halal Export Indonesia

Baca Juga :  Longsor di Lereng Wilis Sebabkan Ratusan Jiwa Terisolir

“Yang pasti Timur Tengah cukup besar (pangsa pasar), Singapura, Amerika juga cukup besar. Untuk jumlah pastinya saya kurang tahu karna ini berkembang terus, yang pasti mereka (Halal Export Indonesia) sudah punya jaringan sehingga tinggal membuat produk kita bagus,” lanjutnya.

 

 

Pewarta: Lutfia 

Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait