Masuki Musim Kemarau, DPURPKP Tetap Pantau Saluran Air - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masuki Musim Kemarau, DPURPKP Tetap Pantau Saluran Air
DPURPKP melakukan pemantauan Saluran (Foto: dpuprpkp.malangkota)
BERITA Kanal Straight

Masuki Musim Kemarau, DPURPKP Tetap Pantau Saluran Air

Satukanal.com, Malang – Meski sudah memasuki musim kemarau, perhatian khusus bagi saluran drainase atau saluran air yang ada di wilayah Kota Malang tetap di lakukan oleh pihak Pemerintah Kota Malang (Pemkot).

Perawatan saluran air ini tetap dilakukan pihak Pemkot Malang bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

Perhatian khusus bagi saluran drainase tersebut dilakukan dengan normalisasi dan membersihkan saluran air yang tersumbat berbagai macam sampah rumah tangga.

Normalisasi dan pembersihan area saluran air, salah satunya dilakukan pihak DPUPRPKP Kota Malang di kawasan jalan Mayjen Sungkono Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang.

Hari Widodo selaku Kordinator Satgas DPUPRPKP Kota Malang menjelaskan, pihaknya akan menggerakkan anggota Satgas untuk menormalisasi saluran drainase yang tersumbat tumpukan beragam jenis sampah.

Baca Juga :  Lekatkan Kota Batu dengan Keasrian, Kenyamanan dan Kebersihan

“Proses dan teknis normalisasi penyumbatan air sudah kami lakukan, perkembangan sekarang, saluran air sudah kembali normal,” ungkap Hari.

Menurut Bengbeng sapaan akrab Hari, saluran air tak bisa berjalan mulus sesuai fungsinya lantaran banyaknya tumpukan sampah rumah tangga yang menghalangi jalannya arus air.

Pada saat normalisasi dan pembersihan dilakukan, pihak Satgas DPUPRPKP Kota Malang banyak menemukan sampah antara lain seperti material, kertas, plastik, dan kayu.

Tak hanya saluran air yang tertutup sampah, menurut Hari banyak drainase yang di salah fungsikan oleh masyarakat. “Karena itu air meluber ke ruas jalan dan menyebabkan banjir,” imbuhnya

Baca Juga :  Akhir Tahun 2021, Malang Bakal Miliki 3 SMP Baru

Seperti diketahui, banjir memang masih menjadi permasalah yang kerap ditemui Kota Malang, hampir disetiap musim penghujan. Hal ini yang membuat DPUPRPKP Kota Malang tetap berkomitmen melakukan pemantauan penuh terhadap saluran-saluran yang ada.

“Kami akan tetap berkomitmen untuk terus melakukan pemantauan saluran drainase di Kota Malang” Jelasnya.

Sementara itu, pihak DPUPRPKP Kota Malang juga meminta agar masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya terhadap lingkungan. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarang, karena permasalahan hampir semua drainase di Kota Malang sama, yakni menumpuknya sampah karena dibuang ke saluran air.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait