Masjid Agung Kota Batu Tiadakan Sholat Ied - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masjid Agung Kota Batu Tiadakan Sholat Ied
Masjid An-Nuur Kota Batu (Foto: Manda/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Masjid Agung Kota Batu Tiadakan Sholat Ied

Satukanal.com, Batu – Pengurus Masjid An-Nuur kali ini meniadakan sholat Ied di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di tahun 2021 ini. Hal itu dilakukan setelah adanya status zona merah yang ditetapkan untuk Wilayah Kota Batu.

Ketua Ta’mir Masjid Agung An-Nuur Kota Batu, Muhammad Agus Salim mengatakan pada tahun ini sholat Idul Adha terpaksa ditiadakan sebab penyebaran virus Covid-19 belum juga reda hingga hari ini.

“Mau tidak mau Masjid harus ditutup. Masyarakat diimbau merayakan di rumah masing-masing,” jelas Agus.

Dia mengatakan, ta’mir tidak mau mengambil resiko mengadakan sholat Ied berjamaah. Sebab dikhawatirkan ada banyak jamaah luar kota yang akan berdatangan.

Baca Juga :  Pemkab Mojokerto Kucurkan Rp 133 Miliar Lebih untuk Bansos Pandemi

Namun, meskipun salat ditiadakan, Masjid An-Nuur rencananya akan tetap menyerukan adzan salat ied dan takbir. “Kami akan tetap menyerukan takbir di masjid, dan kami mengimbau masyarakat juga demikian namun jangan mengadakan takbir keliling,” katanya.

Agus meneruskan, untuk penyembelihan hewan kurban tetap dilakukan, namun hanya oleh beberapa petugas masjid saja, dan dilakukan selama satu hari dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Sementara warga tidak diperbolehkan datang meskipun hanya untuk melihat.

Baca Juga :  Optimis Ekonomi Kembali Mapan, Bupati Mojokerto Tinjau Wisata di Kecamatan Pacet

Hal tersebut guna menghindari terjadinya kerumunan. Begitu pula dengan pembagian daging kurban. Daging akan diserahkan ke perwakilan tiap-tiap RT atau RW untuk disebarkan ke masyarakat lainnya.

Agus memaparkan, hewan kurban yang terdaftar sampai (8/7/2021) kemarin, baru 6 kambing. Lebih sedikit dibanding tahun lalu, yaitu 8 sapi dan 15 kambing.

Masjid yang mampu menampung 2000 jemaah itu akan tampak sepi pada tahun ini. Tetapi Agus berharap agar masyarakat tetap merayakan Idul Adha dengan suka cita.

 

Pewarta : Mandalika Naurah
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait