Marak Pelecehan Seksual Anak, Psikolog Anak Minta Orang Tua Waspada - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Marak Pelecehan Seksual Anak, Psikolog Anak Minta Orang Tua Waspada

Satuchannel.com, Kota Malang – Maraknya aksi pelecehan seksual di Malang Raya terhadap anak menjadi peringatan dini bagi para orang tua dan si anak sendiri. Meski demikian hal ini tentu mendapatkan perhatian serius bagi semua pihak.

Psikolog Anak Endang Widyorini, menyatakan perlu adanya pendidikan menjaga diri sejak dini kepada anak. Terutama berkaitan dengan menjaga alat vitalnya.

“Anak harus diajarkan menjaga diri, termasuk bagaimana diajari tidak sembarang orang memegang daerah – daerah vitalnya,” ujar Endang.

Peran orang tua pun sangat diperlukan menjaga sang buah hati. Orang tua diharapkan mengawasi dan melihat dengan siapa anak itu berinteraksi.

“Harus waspada pada siapa pun, kecuali orang tua si anak itu sendiri. Jangan membiarkan anak tidak terawasi” tambah perempuan yang juga dosen ini.

Terkait bagaimana penanganan korban pelecehan seksual anak tersebut, ia menyatakan perlu dilihat dahulu seberapa besar dampak traumatiknya kepada anak.

“Bila dampak traumatiknya itu berat dan besar maka perlu bantuan Psikolog atau Psikiater. Bila tidak berat, cukup masyarakat sekitar yang perlu mendukung dan memberikan rasa aman,” tuturnya.

Pihaknya juga meminta aparat kepolisian untuk memberikan hukuman yang berat terhadap para pelaku. Hal ini tentu juga sebagai penguatan dampak psikis dari korban dan keluarganya. Diperlukan sinergisitas antara semua pihak untuk menjaga anak – anak dari pelecehan seksual anak. (Aris)

Kanal Terkait