Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja
Walikota Malang, Sutiaji (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Satukanal.com, Malang – “Manuto” jadi semboyan yang kerapkali disinggung selama masa pelaksanaan PPKM Darurat. Rasanya, kali ini semboyan itu harus benar-benar diterapkan, pasalnya sejak (6/7/2021) malam Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah menetapkan Kota Malang kembali masuk Zona Merah Covid-19.

Hal ini juga telah dikonfirmasi langsung oleh Walikota Malang Sutiaji, usai meninjau ketersediaan oksigen, Rabu (7/7/2021). “Jatim sudah 20 kota yang zona merah. Karena jujur di Kota Malang sudah crowded,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji menyebut kemungkinan bakal segera dibuatnya rumah sakit darurat. Apalagi, saat ini seluruh bed yang ada di rumah sakit rujukan telah terisi penuh. Bahkan kini safe house yang telah diperpanjang masa penggunaannya beberapa waktu lalu itu juga sudah mulai kewalahan.

Baca Juga :  Pemkot Malang Siapkan Lumbung Data Bagi Isoman

Dia menambahkan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan segera mengumpulkan seluruh kepala rumah sakit yang ada untuk membicarakan terkait rumah sakit darurat.

“Kami sudah koordinasi juga dengan pak pangdiv. Harapannya nanti orang-orang yang ada di rumah sakit dengan kondisinya yang sudah tidak perlu penanganan khusus, akan kita geser ke rumah sakit lain,” tambah politikus Partai Demokrat itu.

Mirisnya lagi, angka kematian akibat Covid-19 di Kota Malang juga makin tidak terkendali. Sutiaji mengungkapkan, dalam sehari relawan pemakaman Kota Malang bisa memakamkan korban Covid-19 lebih dari 30 jenazah.

Bahkan, tiap harinya selalu ada daftar antrian pemakaman. “Tadi saya lihat di pemakaman hari ini (7/7/2021). Bahkan, mulai detik ini sudah ada antrian 32 yang harus dimakamkan,” imbuh Sutiaji pada Satukanal.com.

Baca Juga :  Peduli Isoman ala LPBI NU Bangil, Salurkan 50 Paket Sembako dan Kesehatan

Sutiaji menegaskan bahwa saat ini Kota Malang dalam keadaan darurat. Dia menghimbau, agar masyarakat patuh terhadap aturan PPKM Darurat yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, alumnus IAIN Malang itu juga menyebut bahwa aturan yang diterapkan telah sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali atau PPKM Darurat Jawa-Bali.  Lebih lanjut disebutkan, Pemkot Malang juga akan segera menetapkan sanksi terhadap pelanggar PPKM Darurat.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi  Satukanal

Kanal Terkait