Mantabkan Usulan Pembangunan, Bapeda Kabupaten Malang Adakan Pra Musrenbang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Mantabkan Usulan Pembangunan, Bapeda Kabupaten Malang Adakan Pra Musrenbang

Mantabkan usulan pembangunan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang gelar Pra Musrenbang (Musyawaran Perencanaan Pembangunan). Acara tersebut digelar di El Hotel, Rabu (6/3/2019).

Kepala Bapeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto menyampaikan, Pra Musrenbang sengaja digelar untuk lebih memantapkan sederet usulan yang sudah dimasukkan oleh setiap desa atau kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya akan disampaikan pada Musrenbang Kabupaten Malang pada 30 Maret 2019 mendatang.

“Sebelumnya Musrenbang dari tingkat desa atau kelurahan dan kecamatan sudah berjalan, dan nanti akan digelar Musrenbang Kabupaten Malang pada 30 Maret,” terang Tomie pada Kami 
usai kegiatan Forum Perangkat Daerah Pra Musrenbang RKPD Kabupaten Malang yang berlangsung di El Hotel, Rabu (6/3/2019).

Baca Juga :  Senin Depan Pemkot Malang Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Dia juga menjelaskan jika setiap usulan yang dibuat sudah berbasis pada sistem digital, yaitu sistem perencanaan dan penganggaran atau Sirendra. Di mana tahap perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaannya dapat dipantau secara terbuka.

“Jadi perencanaan sampai penganggaran semuanya konsisten,” tambahnya.

Lebih jauh Tomie menekankan jika Musrenbang menjadi salah satu upaya yang dilakukan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Malang. Sehingga setiap sistem yang digunakan harus terus diperbarui.

Baca Juga :  Apresiasi Anak Muda sebagai Penerus Bangsa, Sutiaji: Indonesia Berada Dipundak Kalian Semua

“Melalui diskusi tatap muka hari ini, semuanya bisa lebih di mantabkan. Sistem yang sudah ada juga bisa dievaluasi untuk diperbarui mana yang kurang, termasuk kelebihannya,” urai Tomie.

Sementara itu, kegiatan yang berlangsung sejak pagi itu dihadiri oleh seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang. Selain itu juga hadir camat dan delegasi yang ditunjuk di setiap desa di Kabupaten Malang.

Diskusi panjang terkait perencanaan pembangunan Kabupaten Malang pada 2020 tersebut berlangsung ketat. Sederet usulan dipaparkan secara bergantian. Paling banyak berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, seperti jalan. 

Kanal Terkait