Manghadapi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021, Pemkot Malang Gelar Workshop - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Manghadapi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021, Pemkot Malang Gelar Workshop
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Manghadapi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021, Pemkot Malang Gelar Workshop

Satukanal.com, Malang – Keberhasilan proses penyelenggaraan pemerintahan memperoleh dinilai dari banyak aspek, salah satunya adalah manajemen pelayanan publik.

Pelayanan publik menjadi acuan utama penilaian keberhasilan penyelenggaraan pemerintah sebab, bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dewasa ini pemerintah dituntut untuk melaksanakam berbagai upaya reformasi birokrasi dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas pelayanan publik agar semakin efektif, efisien dan tepat sasaran.

Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas harus berdasarkan pembaharuan dalam sistem pelayanan yang dijalankan. Harus ada cara baru, mekanisme baru, penguatan kapasitas sumber daya, serta sampai pada pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi.

Dibutuhkan metode dan pendekatan baru dalam pelayanan publik, cara-cara lama yang masih dianggap rumit ditinggalkan, selanjutnya diadopsi cara baru yang dianggap dapat membawa perubahan. Dalam konteks pemerintahan saat ini pergeseran paradigma ini disebut dengan istilah Inovasi Pelayanan Publik.

Secara asas hukum, seruan pelaksanaan inovasi pelayanan publik termaktub dalam Peraturan Menteri Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik. Produk hukum tersebut mengatur tentang pedoman, pembangunan dan pelembagaan inovasi pelayanan publik, dengan orientasi utama untuk percepatan peningkatan kualitas layanan.

Baca Juga :  Kampung Warna-Warni Jodipan, Nasibmu Kini

Sejak 2014 untuk menindaklanjuti aturan tersebut, sudah banyak lembaga/instansi pemerintahan berinovasi dalam pelayanan publik, mulai dari kementerian sampai pada organisasi pemerintahan daerah.

Kementerian PAN RB sejak 2014 juga melaksanakan kompetisi inovasi pelayanan publik setiap tahunnya, sebagai langkah untuk menstimulus agar instansi terkait dapat membenahi permasalahan pelayanan publik melalui penerapan inovasi.

Inovasi pelayanan publik dalam lingkup Pemerintah Kota Malang juga telah diimplementasikan sejak 2014. Beberapa Organisasi Pemerintahan Daerah telah menawarkan inovasi pelayanan publik. Ada yang melalui pemanfaatan teknologi, adapula yang menggunakan prinsip pendekatan humanis, serta ada yang melalui pembaharuan Standard Operasional Prosedur (SOP).

Di tahun 2021, Kemenpan RB kembali melakukan kompetisi inovasi pelayanan publik. Menyikapi agenda tahunan ini, Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan workshop pada Rabu (03/02/2021) bertempat di Ngalam Command Center, bersama instansi yang akan berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Baca Juga :  Juli, Masyarakat Umum Kota Malang Siap Divaksin

Workshop dimaksudkan agar instansi dapat memperbaharui segala bentuk kekurangan yang selama ini terjadi dalam penerapan inovasi pelayanan. Dalam kegiatan tersebut, yang dipercayakan menjadi pemateri workshop adalah Wawan Sobari, Ph.D, akademisi dari Universitas Brawijaya.

Dalam kegiatan itu, Sobari menyampaikan tentang indikator-indikator apa saja yang menjadi bahan penilaian dalam kompetisi inovasi pelayanan publik. Sobari juga mengharapkan OPD peserta kompetisi ini untuk segera membenahi problem yang ada, sehingga nantinya saat penilaian dilakukan, problem yang ada dapat terminimalisir.

Workshop Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik lingkup Kota Malang dibuka oleh Sekertaris Daerah Kota Malang dan diikuti jajaran Organisasi Pemerintahan Daerah.

 

 

 

 

 

Pewarta : Albertus Aliandu
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait