Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur, Bisa Mengatasi Insomnia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur, Bisa Mengatasi Insomnia
Ilustrasi seorang pria yang sedan berwudhu (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur, Bisa Mengatasi Insomnia

Satukanal.com, Nasional – Berwudhu atau bersuci merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sebelum menunaikan ibadah bagi umat islam. Tak hanya sebagai prasyarat ibadah rupanya berwudlu mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Untuk kamu terutama yang beragama islam jika masih jarang melakukannya perlu mencoba tersebut. Selain sebelum solat berwudlu sebelum tidur, dan sebelum berkegiatan seperti anjuran Nabi Muhammad SAW memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa saja? Simak ulasan dari Satukanal.com berikut ini.

1. Dari segi kesehatan

  • Otot jadi lebih rileks

Dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas.

Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran kita akan terasa rileks. Badan tidak akan terasa pegal.

  • Menjaga kesehatan kulit

Berwudhu memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit kulit. Seseorang yang melaksanakan wudhu sebelum tidur, setidaknya lima kali dalam sehari, bisa menjaga kebersihan kulitnya. Selain itu, wudhu juga berfungsi efektif untuk menjaga kulit dari berbagai serangan penyakit.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Menurut penelitian membasuh tubuh dengan air pada malam hari bisa meningkatkan suhu tubuh. Dalam sebuah artikel pada almadinainstitute.org, Khaleel Ahmed MD, DABSM, seorang ahli obat tidur, menyatakan bahwa wudhu sebelum tidur memiliki manfaat yang sama dengan berendam air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

  • Menjaga daya tahan tubuh
Baca Juga :  Ingin Pakai Pelat Nomor Cantik? Ketahui Cara dan Biaya yang Dibutuhkan

Dikutip dari Nahdlatul Ulama Online, psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels, mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh lebih sehat. Pasalnya, air wudhu dapat merangsang saraf-saraf tubuh, sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh.

  • Mengatasi insomnia

Ketika telah terbiasa berwudhu sebelum tidur, rutinitas tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh. Kemudian saat suhu tubuh mulai kembali normal, tubuh kamu perlahan-lahan akan menjadi lebih rileks, mudah mengantuk, dan merasa nyaman. Sehingga dapat mengatasi insomnia.

 

2. Dari segi Agama

  • Diampuni dosa-dosannya

Adapun Muslim yang berwudhu, maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya. Selain itu, wudhu sebelum tidur juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?” Para sahabat menjawab, “Tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menanti salat setelah salat. Itulah ribath,” (HR. Muslim).

  • Didoakan Malaikat
Baca Juga :  Fitur PeduliLindungi Dapat Diakses di 11 Aplikasi Lain

Dalam sabda Rasulullah SAW, malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur. Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah. niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu adalah hal yang wajib kita lakukan.

  • Permintaannya dikabulkan

Dalam riwayat sahabat Mu’adz bin Jabal, Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.”

  • Mengangkat derajat di sisi Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para sahabat berkata: ‘Tentu, wahai Rasulullah’. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Menyempurnakan wudhu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath’,” (HR. Muslim no. 251).

 

 

Pewarta: Viska
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait