Malang Corruption Watch : Dana Reses DPRD Untuk Siapa? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Malang Corruption Watch : Dana Reses DPRD Untuk Siapa?

Satuchannel.com, Kota Malang – Wacana penambahan penghasilan bagi Anggota Dewan dalam bentuk tunjangan Reses, membuat publik bertanya – tanya mengenai kinerja dewan yang selama ini berjalan. Program yang tentu disorot adalah mengenai kegiatan reses yang biasa dilakukan untuk menampung masukan dan usulan masyarakat dengan dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun. Mengenai itu, dari pengamatan Malang Corruption Watch (MCW), ternyata reses yang dilakukan oleh anggota dewan tidak berjalan dengan semestinya.

Melalui koordinator MCW, M Fahrudin, menyampaikan bila anggaran reses DPRD di lingkungan Malang Raya sebesar 4 Milyar tiap tahunya, terindikasi tidak digunakan secara maksimal untuk menampung masukan dan usulan rakyat. Ia menganggap reses yang dilakukan oleh DPRD justru dipergunakan untuk memfasilitasi pertemuan dengan simpatisan pendukung yang berasal dari partai politik.

Baca Juga :  Momen Lebaran Tak Dongkrak Harga Bawang Prei

“Ada fakta menarik ketika kami melakukan monitoring, ketika pertemuan itu bukan masyarakat umum yang hadir, tapi simpatisan partai, jadi mereka dihidupi dari dana reses, ” ungkap Fahrudin.

Selai itu, MCW menilai bahwa reses itu begitu memboroskan anggaran karena diselenggarakan di temapt elit seperti rumah makan/ restoran.

“Penyelenggaran ini tempatnya menggunakan tempat tempat mewah. Ini tentu akan mempengaruhi seberapa besar anggaran yang dikeluarkan,” tukasnya

Baca Juga :  Izin Operasional Safe House Habis, Lantas Pasiennya?

Tak hanya itu, Fahrudin mengatakan biasanya dalam kegiatan reses tersebut terkesan semuanya telah diatur. Hal itu seperti, pertanyaan atau masukan yang disampaikan tidak substansial atau cenderung diarahkan oleh pihak tertentu

“Reses ya hanya formalitas saja, formalitas semata yang diperuntukan untul menghidupi simpatisan parpol melalui reses itu,” pungkas pria berkacamata itu.

Atad dasar itu, MCW memandang bila rencana kenaikan gaji anggota dewan dalam bentuk tunjangan reses sebesar 18 juta, akan sangat menyakiti hati masyarakat. MCW dengan tegas menolak hal itu, dan akan melakukan hearing yang direncanakan dilakukan minggu depan. (Iqb)

Kanal Terkait