Maksimalkan Potensi Pasar, Disperindag Gelar Temu IKM di Kabupaten Blitar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pertemuan IKM se-Kabupaten Blitar (Foto: Gilang Bahtiar/Satukanal.com)
ADV

Maksimalkan Potensi Pasar, Disperindag Gelar Temu IKM di Kabupaten Blitar

Satukanal.com, Blitar – Untuk memaksimalkan potensi Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinsperindag) Kabupaten Blitar menggelar Temu Bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di seluruh Kabupaten Blitar, Senin (15/11/2021).

Bertempat di Rumah Makan Joglo, Kecamatan Kanigoro, kegiatan tersebut diikuti 70 peserta dari IKM seluruh Kabupaten Blitar. Selain itu, bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah gabungan pelaku perusahaan ekspor Indonesia Jawa Timur.

Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono dalam mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk memberikan kepada IKM untuk terus mengembangkan diri. Caranya, dengan memperluas pemasaran produk yang dimiliki.

Keberadaan IKM sangatlah penting dalam penguatan ekonomi nasional. Terutama dalam membuka lapangan kerja untuk memberdayakan masyarakat.

Baca Juga :  Harga Cabai Rawit di Kota Blitar Tembus Rp30.000

“Peran strategis IKM adalah mendorong proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional,” katanya

Bahkan, dia juga menyadari ada berbagai kendala yang dialami oleh IKM di Kabupaten Blitar. Persaingan pasar menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku IKM apabila bisnis yang dimiliki ingin berkembang.

“IKM dituntut untuk mampu bersaing sehingga sangatlah perlu untuk melakukan upaya sinergis yang melibatkan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas IKM,” lanjutnya.

Oleh karenanya, kata Tavip, di era globalisasi para pelaku IKM harus berpikir untuk meluaskan pasarnya. Tidak hanya memasarkan produk pada pasar dalam negeri, akan tetapi juga harus merambah pasar luar negeri.

Baca Juga :  Pembuang Bayi di Toko Besi Blitar Terekam CCTV pada Tengah Malam

“Kita memiliki produk yang laku dijual di pasar internasional. Mulai produk-produk industri manufaktur, industri pertanian, tekstil hingga kerajinan tangan, kesenian, dan produk dari industri kreatif lainnya,” tandasnya.

Tavip berharap, usai diadakannya kegiatan Temu Bisnis itu mampu meningkatkan kinerja dari produk yang dimiliki pelaku IKM. Dengan begitu, produk tersebut mampu bersaing di industri lokal, nasional, bahkan mampu menembus industri internasional. (Adv)

 

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait