Makin Gawat, 620 Nakes Terkonfirmasi Positif - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Makin Gawat, 620 Nakes Terkonfirmasi Positif
ilustrasi Tenaga Kesehatan Covid-19 (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Makin Gawat, 620 Nakes Terkonfirmasi Positif

Satukanal.com, Malang – Virus Covid-19 makin mengganas. Kini Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah terkonfirmasi menjadi sasarannya. Pekerjaan utama mereka sebagai garda depan tentunya turut andil menyumbang resiko paparan terhadap mereka.

Data Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Malang, mencatat dari total 5.000 nakes yang menjadi anggota di sana, sebanyak 620 orang terkonfirmasi terpapar corona virus diseases.

Ketua DPD PPNI Kota Malang, Bagong Priyantono mengungkapkan, data tersebut tercatat sejak awal pandemi berlangsung, yakni bulan Maret 2021 hingga (27/6) lalu.

Baca Juga :  PPKM Darurat, Kota Malang Rilis Aturan Baru

“Sekitar 620-an, perawat yang bekerja terpapar Covid-19. Alhamdulillah tidak ada yang meninggal dunia,” jelasnya. Dari jumlah tersebut, 80 persen bekerja di penanganan Covid-19, tersebar di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di Kota Malang.

Dia menambahkan, selama ini pihak Nakes sudah mendapat perhatian dari Pemerintah. Salah satunya dengan pemberian santunan dari provinsi hingga insentif yang didapat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Misalnya seperti tenaga kontrak, selain dikasih gajian, ada insentif dari Kemenkes juga masih mendapat periodik. Kemudian (dapat) santunan dari provinsi, berupa uang juga berupa sembako dan obat-obatan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Penurunan Mobilitas Berkat Operasi Yustisi

Meski demikian, para Nakes ini merasa kecewa. Upaya mereka sebagai terdepan dalam menangani Covid-19 hingga saat ini, tidak diimbangi dengan perilaku sebagian besar masyarakat. Masih banyak masyarakat yang masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Masyarakat tolong prokesnya digalakkan. Kita Nakes berjuang bener. Ini saya buka satu ruangan lagi di RSSA untuk mengantisipasi lonjakan,” pungkas Bagong.

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait