Makin Dekat Dengan Warga, Bapenda Kota Malang Roadshow Keliling Kelurahan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Makin Dekat Dengan Warga, Bapenda Kota Malang Roadshow Keliling Kelurahan
Bapenda goes to kelurahan/Foto: Bapenda Kota Malang
BERITA Kanal Straight

Makin Dekat Dengan Warga, Bapenda Kota Malang Roadshow Keliling Kelurahan

Satukanal.com, Malang – Langkah jitu diambil Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang untuk terus berupaya mendorong pendapatan sektor pajak meningkat. Salah satunya melalui program Bapenda Goes to Kelurahan yang akan dimulai minggu ini.

“Program baru Bapenda Goes to Kelurahan ini adalah bentuk pelayanan prima kami kepada Wajib Pajak (WP) yang mau melakukan pembayaran pajak daerah. Sekaligus upaya jemput bola kepada masyarakat yang ingin melakukan pengurus Pajak Bumi dan Banguann (PBB),” ujar Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto, Senin (24/5).

Dalam program ini, Handi menjelaskan bakal melayani 4 jenis pelayanan. Yaitu pembayaran PBB dan pajak daerah lainnya, seperti kos, hotel, resto, air tanah, kemudian mutasi atau pecah PBB, pendaftaran PBB baru, dan pembetulan PBB.

Syaratnya pun cukup mudah, warga hanya perlu membawa fotokopi KK, KTP, bukti kepemilikan, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) induk atau tetangga sekitar, dan foto objek pajak. Kelengkapan itu merupakan syarat wajib untuk permohonan mutasi atau pecah data baru atau pembetulan PBB.

Baca Juga :  Siap Siap! Bansos PPKM Kota Malang Segera Cair

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) ini menjelaskan bahwa dalam program ini, mobil layanan pajak keliling Bapenda akan mendatangi kantor kelurahan se-Kota Malang.

“Nantinya mobil pajak keliling Bapenda akan melakukan sosialisasi dan memberikan layanan jenis pajak, seperti perubahan data PBB, baik mutasi atau baru, kecuali Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Namun tentunya gantian dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya, pertama nanti di Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun tanggal 27 Mei 2021,” tambahnya.

Diakui Handi, pihaknya telah menyiapkan souvenir bagi warga yang membayar pajak melalui program ini. “Bahkan warga yang bayar pajak di TKP akan kita berikan suvenir, tanpa diundi,” terangnya.

Baca Juga :  Saling Bantu selama PPKM Darurat, Distribusikan Ratusan Paket Sembako

Untuk jadwalnya sendiri meliputi, sasaran pertama adalah Kecamatan Sukun yakni di Kelurahan Mulyorejo tanggal 27 Mei 2021 dan Kelurahan Karangbesuki tanggal 2 Juni 2021.

Kemudian lanjut ke Kecamatan Blimbing di Kelurahan Pandanwangi pada 3 Juni 2021, Kelurahan Polowijen 8 Juni 2021, dan Kelurahan Balearjosari tanggal 9 Juni 2021.

Setelah itu, wilayah Kecamatan Lowokwaru yang akan didatangi oleh program ini meliputi Kelurahan Merjosari pada 15 Juni 2021, Kelurahan Jatimulyo tanggal 16 Juni 2021, dan Kelurahan Dinoyo 22 Juni 2021.

“Keempat, kita ke Kecamatan Kedungkandang, tanggal 23 Juni 202 di Kelurahan Buring dan tanggal 29 Juni 2021 ke Kelurahan Tlogowaru. Terakhir, Kecamatan Klojen, kita ke Kelurahan Bareng tanggal 30 Juni 2021, dan Kelurahan Penanggungan 6 Juli 2021. Kelurahan lainnya jadwal menyusul,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait