Makin Banyak Warga ke Luar Negeri, Permintaan Paspor di Kantor Imigrasi Malang Meningkat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
ADV BERITA

Makin Banyak Warga ke Luar Negeri, Permintaan Paspor di Kantor Imigrasi Malang Meningkat

satukanal.com, Malang – Aktivitas masyarakat Malang Raya ke luar negeri kian meningkat, setelah trend pandemi Covid-19 menurun. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya permintaan pengurusan paspor.

Data Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, dalam satu bulan belakangan ini, terjadi persentase kenaikan paspor, dari  25 menjadi 50 permintaan per hari di Kantor Imigrasi. Sedangkan kuota untuk di Unit Layanan Paspor sendiri terdapat sekitar 25 permintaan. Lalu, di UKK kota dan kabupaten berjumlah 25. Sehingga dalam satu hari terdapat 100 permintaan paspor.

“Kita berusaha untuk berkoordinasi dengan pusat untuk meminta tambahan kuota supaya masyarakat kita yang datang meminta pelayanan kita bisa kita layani dengan baik,” kata

Ramdhani, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang. (foto: Lutfia/satukanal.com)

, usai acara Membangun Sinergitas Kehumasan Bersama Media dan Instansi di Hotel Grand Cakra, Malang, (16/11/2021).

Besar kemungkinan terjadi pembludakan permintaan paspor pada kantor-kantor imigrasi baik untuk sarana ibadah seperti umroh dan haji maupun untuk tujuan lain seperti bekerja maupun liburan.

Untuk mengantisipasi pembeludakan tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang akan melakukan mitigasi risiko. Kini pembuatan paspor bisa dilakukan secara online melalui aplikasi APAPO ataupun Singa Karmila.

Selain itu juga menambah kuota permintaan paspor baik yang melalui aplikasi maupun di unit pelayanan paspor seperti di Lippo Mall Batu maupun di dua tempat UKK seperti Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

“Masyarakat masih tetap mendapatkan pelayanan paspor kita, karena mengingat kondisi saat ini pandemi sudah mulai surut, dan negara-negara sudah mulai membuka kegiatan atau orang-orangnya untuk masuk terutama untuk sarana ibadah,” ungkap Ramdhani.

Baca Juga :  Pengadaan Alat Penunjang Diagnostik, RSUD Mardiwaluyo Kota Blitar Gunakan Anggaran DBHCHT

Ramdhani mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang berkomitmen memberikan berbagai kemudahan dalam pelayanan permintaan paspor bagi masyarakat. Komitmen ini juga beriringan dengan pengalihfungsian kantor yang berada di Jl. Raden Panji Suroso No.4 sebagai Unit Pelayanan Paspor. Pemerintah Kota Malang telah memberikan hibah lahan seluas 6000 m2 untuk dijadikan kantor baru keimigrasian yang berada di Kedung Kandang.

Kemudahan lain yang juga diberikan dalam permintaan paspor adalah adanya layanan drive thru untuk pengambilan paspor. Dengan adanya layanan ini, masyarakat bisa melakukan permintaan paspor melalui aplikasi yang telah disediakan dan mengurus segala persyaratan dari rumah. Semua bisa dilakukan secara online mulai dari ijin tinggal, paspor, serta perpanjangan.

Bangun Citra Positif, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Gelar Komunikasi Dengan Para Media Se-Malang Raya

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang berupaya untuk meningkatkan citra positif imigrasi dengan membangun komunikasi bersama media dan instansi di wilayah kerjanya pada Selasa (16/11/2021). Pada acara ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang memiliki harapan dapat tercipta suatu komunikasi yang baik dan bersinergi baik bersama dengan media maupun instansi.

Untuk dapat memiliki citra yang baik di mata masyarakat, Joko Widodo selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengungkapkan bahwa meningkatkan kualitas serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat merupakan hal yang harus diutamakan. 

“Kantor imigrasi malang dalam hal memenuhi tugas dan fungsinya memberikan pelayanan terhadap masyarakat dari tahun ke tahun selalu melakukan pengelolaan informasi keimigrasian, publikasi baik secara langsung maupun melalui media cetak, online, elektronik, maupun media sosial,” pungkas Joko Widodo.

Apresiasi disampaikan pula oleh Ramdhani selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang kepada pihak-pihak yang hadir karna telah berperan dalam membesarkan nama kantor imigrasi di Kota Malang. 

“Bantuan dari rekan-rekan sekalian, dari stakeholder eksternal sungguh sangat saya apresiasi kaerna mustahil sekali upaya yang sudah kita lakukan bisa dipahami, diketahui dan dimengerti oleh masyarakat tanpa ada pemberitaan yang positif dari rekan-rekan,” lanjut Ramdhani.

Pada saat ini pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk bergabung dan turut andil dalam kontestasi Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang akan diselenggarakan pada 20 November 2021 mendatang. Kegiatan yang dilakukan secara luring ini diharapkan dapat terwujud untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap warga di sekitar Malang Raya. 

“Kami memohon doa dan dukungan pada rekan-rekan sekalian karena rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 nanti. Kegiatan ini akan berlangusng secara luring melalui verifikasi lapangan,” ujar Ramdhani.

 

Baca Juga :  Dijaga Aparat, Pemilihan Kades Antar Waktu Desa Jugo Blitar Berjalan Lancar

Pewarta : Lutfia Indah

Editor : Danu S

Kanal Terkait