Makan Sahur Saat Imsak Berkumandang, Bolehkah? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Makan Sahur Saat Imsak Berkumandang, Bolehkah?
BERITA

Makan Sahur Saat Imsak Berkumandang, Bolehkah?

SATUKANAL.com, NASIONAL– Makan sahur menjadi hal penting untuk tetap menjaga kondisi prima ketika menjalankan puasa. Tapi, bolehkan makan sahur saat imsak sudah berkumandang?

Banyak orang yang masih mempertanyakan akan jawaban atas pertanyaan tersebut. Lantas bagaimana penjelasannya. Wakil Ketua Majelis Ulama (MUI) Anwar menjelaskan, umat Islam mulai tidak boleh makan adalah ketika waktu shalat sudah masuk.

“Maka dari itu, agar puasa kita tidak rusak kita harus berhati-hati. Sebaiknya 5-10 menit sebelum waktu shalat Subuh tiba ita sudah selesai dengan persoalan makan dan minum,” kata Anwar.

Imsak, jelas Anwar, artinya menahan yaitu menahan diri dari hal-hal yag dilarang oleh agama ketika berpuasa. Di antaranya, makan dan minum. Imsak biasanya ditetapkan 10 menit sebelum adzan Subuh. Dimana itu bentuk kehati-hatian.

Baca Juga :  7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Menikah

Lebih lanjut, ia mengatakan jika ada yang masih makan saat imsak tidak apa-apa, namun jangan sampai lewat hingag subuh. “Iya, di masa imsak boleh (makan) tapi hati-hati kebablasan sehingga Subuh sudah masuk,” ujarnya.

Teriakan-teriakan imsak melalui loudspeaker, imbuhnya, mengumandangkan agar bersiap-siap untuk berpuasa, karena beberapa menit lagi waktu Subuh sudah akan tiba. Namun, keadaan akan berbeda bila ada makanan di mulut atau dikunyah ketika adzan Subuh sudah terdengar.

Baca Juga :  Sidang Isbat, Penentuan Awal Ramadhan Bakal Digelar 12 April Mendatang

Ia menjawab, bahwa hal itu tidak boleh dan harus dihentikan. Sebab, sudah tidak boleh makan ketika adzan. “Kalau makan ketika menedengar azan yang pertama makan dan minum masih boleh tapi kalau yang kedua tidak boleh lagi,” tuturnya.

Diketahui, adzan sendiri ada dua macam. Adzan pertama untuk mengingatkan orang bahwa waktu shalat Subuh sudah dekat, biasanya dilakukan setengah jam sebelum adzan fajar/adzan shalat shubuh. Lalu, adzan kedua menandakan waktu subuh sudah masuk.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait