Mainan Mobil Diecast Kini Bak Barang Investasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mainan Mobil Diecast Kini Bak Barang Investasi
Vrian Tri Widodo bersama koleksi diecast kesayangannya (Foto: Ubaidhillah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Feature Kanal Highlight

Mainan Mobil Diecast Kini Bak Barang Investasi

Satukanal.com, Kediri – Peminat miniatur mobil atau diecast dewasa ini semakin tinggi. Para kolektor bahkan menganggap mainan berskala 1:18 atau yang lebih besar ini sebagai barang investasi yang lebih baik ketimbang pada umumnya.

Salah satu kolektor diecast asal Kediri, Vrian Tri Widodo mengatakan, miniatur mobil mini itu kini bak barang investasi yang harganya bisa naik ber kali-kali lipat. Apalagi jika diecast tersebut sangat minim di pasaran.

“Tidak hanya sekedar hobi, ini sekarang seperti aset yang harganya bisa tiba-tiba tinggi, meskipun skup pembelinya hanya terbatas penghobi,” jelasnya, Selasa (21/9/2021).

Vrian bukanlah orang baru dalam dunia miniatur mobil, hingga saat ini sebanyak 1.500-an mobil mini telah ada di rumahnya. Untuk jenisnya sangat barmacam-macam, mulai dari keluaran tahun 70-an dari berbagai merek hingga jenis paling baru.

Baca Juga :  Said Aqil Ungkap Siap Pimpin PBNU Ketiga Kali, Saat Silaturahmi ke Ponpes Lirboyo Kediri

“Kalau saya mengoleksi miniatur mobil ini sudah sejak 2013. Ribuan sudah saya beli dan banyak juga yang sudah saya jual,” ungkapnya.

Pria yang bermukim di Perumnas Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri itu juga mengatakan, saat ini yang lebih banyak diminati oleh penghobi adalah jenis custom dengan model khas kendaraan di Indonesia. Jenis itu pula yang saat ini banyak diburu kolektor bahkan hingga ke mancanegara.

“Seperti mobil miniatur yang di-custom seperti jenis Pownis atau angkutan yang dulu digunakan di Bangka Belitung, saya punya 1 dan harganya apabila ada yang yang jual, jutaan pun ada yang mau membeli,” katanya.

Vrian juga menyebut miniatur mobil kuno khas Indonesia biasanya juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, jenis-jenis lama akan membangkitkan kenangan. Dari sisi humanisnya juga sangat menarik, karena sekarang trennya kembali ke retro.

Baca Juga :  Viral! Diduga Pencuri Kabel WiFi di Kediri, Digebuki Warga

Mobil-mobil jenis lama yang di maksud tidak selalu yang memiliki body kinclong, menurut Vrian jenis mobil yang seolah-olah sudah karatan dan sudah usang tak kalah banyak peminatnya.

“Yang jenis kayak truk Mitsubishi pengangkut tebu dan jenis mobil klasik usang harganya juga bisa jutaan,” terangnya.

Vrian melanjutkan, untuk berburu miniatur mobil ini, sudah tak terhitung uang yang dikeluarkannya. Saat ini seluruh koleksinya berada di rumah dan gudang khusus penyimpanan Hot Wheels.

“Kalau untuk beruru mobil ini saya biasa mencari di pasar online internasional seperti Ebay, dan mencari di sesama pecinta Hot Wheels, juga custom, kalau custom biasanya beli yang sudah rusak di Pasar Bekas lalu dikirim ke tukang custom-nya,” tutup Vrian.

 

 

 

 

Pewarta: Ubaidhillah
Editor : Adinda

Kanal Terkait