Mahfud MD : Fatwa MUI Soal Ucapan Selamat Boleh Tidak Diikuti | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mahfud MD
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mahfud MD : Fatwa MUI Soal Ucapan Selamat Boleh Tidak Diikuti

SATUKANAL, KEDIRI – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara perihal fatwa MUI yang melarang umat Islam mengucapkan selamat natal selain mereka yang merayakannya.

Menurut Mahfud, fatwa tersebut tidak harus diikuti oleh setiap muslim di Indonesia karena banyak juga fatwa ulama yang memperbolehkan hal tersebut.

“Dulu memang ada fatwa MUI yang menafsirkan ucapan hari natal, namun sekarang sudah tidak ada. Pak Wapres sendiri mengatakan terserah masing-masing. Kyai Ma’ruf itu masih Ketua MUI,” ujar Mahfud MD seusai Halaqoh Kebangsaan di Pondok Pesantren Al Amin Kelurahan Ngasinan, Kecamatan Kota Kediri. Sabtu (21/12/2019).

Mahfud juga mengatakan, setiap ulama berbeda pendapat terkait hal tersebut dan masyarakat dibebaskan untuk mengikuti fatwa yang manapun sesuai dengan keyakinannya.

Mahfud juga menggambarkan beberapa fatwa yang berbeda antara Muhammadiyah, NU dan MUI yakni terkait dengan bunga bank yang diantara ketiga ormas besar tersebut berbeda pandangan.

“Oleh sebab itu jika ada fatwa yang menyatakan mengucapkan selamat natal tidak boleh, tidak harus diikuti, dan tidak harus tidak diikuti, tetapi boleh diikuti,” ucapnya.

“Saya sendiri jika hari natal juga mengucapkan selamat natal kepada teman-teman yang merayakannya,” tukas Mahfud.

Dikutip dari Suara.co, Majlis Ulama Indonesia Jawa Timur menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengucapkan selamat natal bagi yang merayakan.

Ungkapan tersebut diucapkan oleh Mochammad Yunus Sekertaris MUI Jatim

Dalam imbauan tersebut menurut Yunus siapapun muslim yang mengucapkan selamat natal kepada non muslim akan rusak akidahnya, sebab memperingati lahirnya anak Tuhan.

“Ketika kita mengucapkan selamat kepada yang merayakan, sama saja kita merayakan atas lahirnya putra tuhan.” jelasnya.

 

Pewarta : Ubaidillah

Editor      : Heryanto

    Kanal Terkait