SATUKANAL.COM
BERITA

Lurah Dinoyo : Warga Cukup Sehari Urus Adiminitrasi Dengan “SAKDINO”

Satucahnnel.com, kota Malang –Kelurahan Dinoyo hari ini meluncurkan sebuah aplikasi berbasis online bernama Sistem Administrasi Kependudukan kelurahan Dinoyo (Sakdino), Jum’at (14/7). Layanan itu ditujukan untuk mempermudah pelayanan adminitrasi warga dengan harapan dapat selesai dalam waktu sehari saja.

Kepada wartawan, Lurah Dinoyo, Arif Tri Sastyawan menyampaikan bila aplikasi ini akan sangat membantu masyarakat dengan beragam manfaat yang telah didesain. Kesibukan maupun keterbatasan waktu jarak penduduk tidak lagi menjadi kendala yang berarti.

“Warga Dinoyo yang barangkali sedang merantau ke Kota lain, kalau mau mengurus administrasi kependudukan tidak perlu pulang, tinggal urus lewat aplikasi yang ada ini” jelasnya saat ditemui pada acara peresmian.

Ia menyontohkan, banyak administrasi kependudukan yang dapat diproses tanpa harus datang langsug ke tempat, antara lain rekomendasi SKCK, pengantar NPWP, serta beragam surat keterangan di tingkat RT, RW, hingga kelurahan.

Ia juga menjelaskan, aplikasi yang saat ini memang masih diperuntukan kepada warga dinoyo saja dan dapat diakses dengan cara mengunduh aplikasinya di google play store. Kemudian aktivasi bisa dilakukan dengan akun gmail dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di E-KTP.

“Untuk saat ini masih ada di android saja. Kedepan, harapanya sistem lainya juga bisa. Dan aplikasi ini menjadi aplikasi kelurahan pertama yang ada di Kota Malang,” pungkasnya (Iqb)

Kanal Terkait