Luncurkan 2 Program Merdeka Vokasi, Kemendikbud : Lakukan Link and Match Pendidkan Vokasi dengan DUDI | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Luncurkan 2 Program Merdeka Vokasi, Kemendikbud : Lakukan Link and Match Pendidkan Vokasi dengan DUDI
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Luncurkan 2 Program Merdeka Vokasi, Kemendikbud : Lakukan Link and Match Pendidkan Vokasi dengan DUDI

SATUKANAL.com, NASIONALKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Sabtu (14/11/2020) meluncurkan program Merdeka Vokasi yakni SMK-D2 Jalur Cepat dan Program Peningkatan Program Studi (Prodi) D3 menjadi Sarjana Terapan (D4). Kedua program yang diluncurkan ini merupakan suatu trobosan pendidikan vokasi dalam mewujudkan misi dari Kemendikbud guna memperbesar penyerapan lulusan pendidikan vokasi dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Nadiem Makarim selaku Mentri Pendidikan dan Kebudayaan menyambut adanya program ini. Ia juga mengatakan bahwa, program ini tidak hanya menambah daya tarik pendidikan vokasi, namun juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat memilih jenjang yang terbaik.

Nadiem dalam siaran persnya mengatakan bahwa, nantinya program ini guna memberikan kesempatan yang sama bagi pendidikan vokasi untuk dapat mempersiapkan calon tenaga kerja dengan keterampilan yang matang.

Baca Juga :  Ciptakan Inovasi Guna Transaksi Keuangan Akuntabel dan Transparan, Kemendikbud Raih Penghargaan Indonesia Government Procurement Awards

Adanya program ini juga memberikan kebebasan bagi para siswa untuk memilih lulus di akhir tahun ketiga atau memilih melanjutkan ke jenjang Diploma Dua jalur cepat. Melalui Program Peningkatan Prodi Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan (Diploma Empat (D4)) ini, peserta didik juga berkesempatan untuk mendapat keterampilan yang lebih mendalam. Sehingga, ketika lulus akan lebih siap untuk segera terjun ke dunia kerja.

Tujuan dari kedua program baru tersebut, nantinya para peserta didik bisa mendapatkan kesempatan sebanyak mungkin pengalaman dari DUDI. Sehingga lulusan vokasi semakin besar peluangnya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak karena telah selaras dengan kebutuhan DUDI.

Program tersebut merupakan dua dari sekian banyak program Merdeka Vokasi yang menggunakan teknik link and match pendidkan vokasi dengan DUDI. Sehingga program tersebut juga akan segera diluncurkan secara berkala oleh Kemendikbud.

Baca Juga :  Kemendikbud Sukses Gelar KRI 2020, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Raih Juara Umum

Pelaksanaan program ini perlu adanya komitmen yang kuat dari berbagai pihak agar dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan lulusan yang terampil, kompeten, berdaya saing dan berkarakter sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Link and match ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan lulusan yang relevan dengan pasar kerja sehingga keterserapan lulusan lebih terjamin” ucapnya.

Kemendikbud melalui Ditjen Vokasi juga telah menyiapkan skema pendidikan yang mengajak peran DUDI untuk berkontribusi lebih besar dalam pendidikan, yakni melalui program SMK-D2 Jalur Cepat dan Program Peningkatan Program Studi (Prodi) D3 menjadi Sarjana Terapan (D4) tersebut.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait