SATUKANAL.COM
BERITA

Luar Biasa, Pelatihan Damkar Di Kota Batu Datangkan Instruktur Dari Turki!

Satuchannel.com, Kota Batu – Latihan pengoperasian mobil tangga aerial ladder milik Dinas Penanggulangan Kebakaran (Damkar) Kota Batu mendatangkan dua instruktur dari Turki. Keduanya yakni Bhaytham Zeinelabidin dan Muharrem Ozsoy. Pelatihan ini Damkar mempersiapkan 30 personelnya untuk berlatih di halaman depan Balaikota Among Tani, Kota Batu pada Senin (17/7).

Kepala Bidang Operasional Kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan pelatihan pengoperasian mobil aerial ladder unit ini dilakukan untuk memenuhi prosedur dan standar operasional.

Latihan Damkar Kota Batu (Swandy)

“Sesuai prosedur, instruktur kita datangkan langsung dari negara pembuat mobil ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelatihan pengoperasian mobil tangga akan berlangsung hingga Rabu (19/7) besok, dilanjutkan dengan mengadakan simulasi. Dari 30 personel yang sudah dilatih akan diseleksi menjadi 12 orang yang nantinya mengoperasikan mobil tangga.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu (Swandy)

“Kita akan seleksi anggota yang ikut pelatihan, spesifikasi operator itu hingga 12 personel,” tuturnya.

Menurutnya, personel tidak mengalami kesulitan selama pelatihan berlangsung. Ia menghimbau kepada personel untuk benar-benar memahami pelatihan yang sudah diikuti.

Instruktur dari Turki Pandu latihan (Swandy)

“Teman – teman sudah harus terbiasa, tidak boleh asal pencet sana-sini,” katanya.

Ia berharap usai pelatihan, para personel mampu mengoperasikan aerial ladder unit ini sesuai fungsi dan tujuannya untuk penanganan kebakaran.

“Semoga memudahkan masyarakat dalam penanganan dan penyelamatan bencana kebakaran,” tegasnya.

Untuk diketahui, mobil seharga Rp.9,4 miliar ini dilengkapi berbagai teknologi tinggi seperti tangga hidrolik yang mampu menjangakau hingga ketinggian 24 meter, dilengkapi alat sensor dan juga memiliki kapasitas penyimpanan air hingga 1500 liter air.(swan)

Kanal Terkait