SATUKANAL.COM
LSM dan Petani di Kediri
Foto : Demo di Depan Gerbang DPRD Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

LSM dan Petani di Kediri Geruduk DPRD

SATUKANAL, KEDIRI – Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan ratusan petani warga Kediri melakukan aksi unjuk rasa didepan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri.

LSM dan Petani yang hadir menuntut agar Undang-Undang Reforma agraria secepatnya di sahkan oleh Pemerintah.

“Kami menuntut agar terjadi pelaksanaan Undang-undang reforma agraria sesuai dengan undang-undang Presiden Nomor 18, dimana setelah 2018 diperundang kan di Kabupaten Kediri belum pernah terjadi pelaksanaan undang-undang reforma agraria sesuai janji presiden,” kata Danil arisandi Koordinator aksi, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, Undang-undang tersebut diperjuangkan untuk meminta kembali hak lahan milik petani di wilayah Kecamatan Ngancar yang saat ini diambil alim oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Dengan adanya undang-undang tersebut kami tentu akan sangat bersyukur. Tentunya ini sangat berguna jika memang terlaksana karena lahan yang telah diambil oleh Perhutani akan kembali kepada mereka. Kondisi Petani saat ini seluruhnya menjadi buruh tani, karena mereka tidak punya lahan, saat ini HGU lahannya dikuasai oleh BUMN dalam hal ini adalah PTPN 12,” tuturnya.

Baca Juga :  Satu Warga Kota Kediri Dinyatakan Positif Corona

Danil juga mengatakan, tanah yang dimaksud diambil oleh pemerintah pada tahun 1960, sejak itu masyarakat terus melakukan upaya untuk meminta kembali tanah yang seharusnya bisa dikelola untuk masyarakat.

“Petani ada 450 KK, sedang luasan lahan ada 2000 hektar lebih, bukti kepemilikan dahulu itu kan memakai petok D, itu semua dulu diminta oleh pemerintah pada tahun 1965,” katanya.

Lebih lanjut, demo pada siang ini berlangsung damai, para pengunjuk rasa disambut oleh komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri untuk melakukan negosiasi.

Baca Juga :  Mulai Sekarang Disabilitas di Kediri Bisa Ikut Pasarkan Produknya di SIK Papar

“Komisi 1 mendukung dan akan terus berjuang bersama kami tentunya hingga terwujudnya undang-undang reforma agraria, dan berikutnya akan ada pertemuan yang dilakukan kembali dalam waktu secepatnya dengan stikholder terkait, dan dewan tentunya,” ucap Danil.

Sementara itu, Lutfi Mahmudiono Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri saat dikonfirmasi SATUKANAL.com mendukung sepenuhnya aspirasi masyarakat yang melakukan demo hari ini.

Pihaknya pun telah memberikan ruang untuk melakukan dengar pendapat dalam waktu dekat.

“Komisi 1 Insyaallah akan terus memperjuangkan hak-hak mereka hingga nanti berhasil. Insyaallah dalam waktu dekat kita akan melakukan pertemuan ulang, kita akan ajak rapat dengar pendapat di Komisi 1,” ungkapnya.

“kita juga akan mengundang dari PTPN 12 mereka akan melakukan pertemuan dan biar mengeluarkan argumennya masing-masing,” pungkasnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Editor : Heryanto

    Kanal Terkait