SATUKANAL.COM
BERITA

Loyalitas Ala ASN Guru: Kerja dan Tunjukkan Kinerja Baik

Sempat mencuat perdebatan terkait konsep loyalitas sebagai aparat sipil negara (ASN) terhadap pimpinan, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang memiliki konsep dan sikap jelas tentang loyalitas sebagai ASN dalam tubuh pemerintahan.

Melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M Hidayat atau biasa disapa Dayat, konsep loyalitas sebagai ASN guru adalah menunjukkan kerja dan kinerja terbaik sesuai visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

“Loyalitas itu bagi ASN guru adalah menunjukkan kerja dan kinerja yang sebaik-baiknya. Serta siap untuk ditempatkan dimanapun dalam menjalankan tugasnya dari pimpinan,” kata Dayat kepada satukanal.com, Kamis (27/06/2019).

Menunjukkan kerja dan kinerja secara maksimal untuk mewujudkan generasi penerus masa depan yang cerdas dan berkarakter baik, adalah wujud dari loyalitas ASN guru kepada pimpinan.

Sehingga, lanjut Dayat, sebagai ASN bekerja dimanapun atas pertimbangan pimpinan, tidak akan menjadikan hal itu sebuah persoalan besar.

“Karena dasar kita semua bekerja adalah untuk beribadah. Dengan konsep ini pula loyalitas kita akan tetap terjaga, walaupun ditugaskan dimanapun,” ujarnya.

Dirinya mencontohkan, bahwa dirinya selalu siap ditempatkan dimanapun. Karena, jabatan merupakan amanah dan kebijakan pimpinan.

“Dan yakini saja bahwa kebijakan pimpinan itu merupakan yang terbaik bagi saya. Melalui konsep loyalitas yang saya sampaikan tadi, maka saya akan tunduk atas kebijakan itu,” tegasnya.

Hal ini pula yang diharapkan bisa dipahami oleh seluruh ASN di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Dalam menjalankan tugasnya serta menegakkan loyalitas dalam kaitannya sebagai bagian dalam pemerintahan daerah Kabupaten Malang.

Dayat juga menegaskan, melalui kerja dan kinerja yang baik, siapapun pimpinan daerah, tentunya akan melihat prestasi tersebut dan akan memberikan apresiasi sesuai dengan raihannya dalam menjalankan tugas.

“Mungkin, sekilas tidak cocok dengan harapan kita. Tapi, percayalah selalu ada kebaikan di dalamnya. Apalagi, kalau kita sudah menunjukkan kerja yang maksimal,” pungkas Dayat yang dalam mutasi beberapa waktu lalu dipindah tugaskan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Kanal Terkait