Lonjakan Covid-19, Ini Cara Penggunaan Masker Ganda Untuk Proteksi Diri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lonjakan Covid-19, Ini Cara Penggunaan Masker Ganda Untuk Proteksi Diri
ilustrasi penggunaan masker ganda (Foto: Pixabay/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Lonjakan Covid-19, Ini Cara Penggunaan Masker Ganda Untuk Proteksi Diri

Satukanal.com, Nasional – Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini, mengingatkan kembali pentingnya penggunaan masker ganda atau masker dua lapis saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini pulalah yang disoroti dan disarankan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Menurut CDC, penggunaan masker ganda dapat mencegah penularan virus corona. Memakai masker medis yang dilapisi masker kain dinilai meningkatkan keamanan dari Covid-19. Saran CDC ini didukung hasil penelitian mengenai tingkat efisiensi filtrasi masker (FFE).

Menurut penelitian Sickbert-Bennett dan kawan-kawan, penggunaan masker medis dan kain memiliki tingkat filtrasi yang berbeda. Masker kain tunggal mempunyai tingkat filtrasi paling rendah, yakni 41-44%.

Masker medis tunggal memiliki tingkat filtrasi sebesar 43-62%. Para peneliti menemukan penggunaan ideal dengan memadukan masker kain dan medis. Ketika masker kain digunakan di atas masker medis, maka tingkat filtrasinya mencapai 66-81%. Persentase itu sekaligus yang terbesar dibandingkan perpaduan masker lainnya.

Tiap jenis masker pun memiliki penggunaan yang berbeda berdasarkan kondisi yang dihadapi masing-masing orang. Masker tunggal atau kain misalnya dapat digunakan oleh seseorang jika berada dalam komunitas, berbincang dengan tetangga dan pergi ke taman, dengan catatan harus menjaga jarak kurang lebih dua meter.

Sedangkan masker ganda dapat dipakai saat pergi berbelanja dan periksa ke dokter. Para pekerja yang perlu pergi ke kantor dan tak memungkinkan jaga jarak, disarankan menggunakan masker ganda.

Baca Juga :  Coban Talun Tak Lagi Seksi, Warga Mati Suri

Lebih lanjut, CDC melarang penggunaan masker medis ganda. Sebab masker medis tak didesain ketat atau kencang. Selain itu, masker KN95 tak dapat dikombinasikan dengan jenis masker lainnya. Memakai masker dua lapis juga tidak bisa sembarangan, ada prosedur dan aturan yang harus diikuti yakni masker dua lapis harus terdiri dari masker medis dan masker kain. Lantas, bagaimana penggunaan masker ganda yang benar?

Penggunaan Masker Ganda

“Masker medis di dalam, masker kain dipakai di luar. Pastikan penggunaan masker ganda tidak mengganggu pandangan dan tetap bisa mudah bernapas,” tulis Kemenkes melalui akun Instagram resminya, dikutip Satukanal.com.

Menurut Kementerian Kesehatan, ada sejumlah hal penting yang harus diterapkan dalam penggunaan masker ganda. Apa saja kira-kira? Berikut ulsannya:

1. Memilih Masker Yang Tepat

Menggunakan masker ganda tentu sangat baik, namun jangan sembarangan. Jenis masker yang digunakan di waktu bersamaan adalah maker medis dan amsker kain. Kombinasi keduanya memiliki tingkat efektifitas yang baik dalam mencegah percikan droplet. Gunakan masker medis di bagian dalam dan amsker kain untuk bagian luar.

2. Hindari Penggunaan Masker Medis Ganda

Kemenkes mengingatkan kita untuk tidak menggunakan dua masker medis secara bersamaan. Menurut Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Februari lalu, masker medis tidak dirancang untuk digunakan dua lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Baca Juga :  Penjualan Orange Cake Terpuruk di Tengah Pemberlakuan PPKM

Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya, baik sebagai pelapis pertama maupun seterusnya. Masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri karena memiliki kemampuan filtrasi yang tinggi.

3. Masker Menutup Hidung

Pastikan saat menggunakan masker, mulut dan hidung tertutupi dengan sempurna. Jangan biarkan ada celah sedikit pun, termasuk di bagian atas hidung, sehingga percikan tetesan pernapasan (droplet) tidak akan masuk. Meski begitu, pastikan penggunaan masker tidak mengganggu pandangan dan tetap bisa mudah bernapas.

“#Healthies, jangan gunakan dua masker medis secara bersamaan. Jangan juga mengombinasikan masker N95 dengan jenis masker lain ya. Karena tidak akan efektif, pasalnya masker N95 memiliki kemampuan filtrasi yang tinggi,” tulis Kemenkes RI (@KemenkesRI) melalui akun Twitter resminya.

4. Pastikan Ukuran Masker Pas

Jika ukuran masker tidak pas atau longgar, jangan dibiarkan. Cobalah mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukurannya lebih besar dari ukuran wajah. Hal ini dilakukan agar masker menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Dengan begitu, droplet tidak akan terkena. Sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.

Jadi, pastikan untuk menerapkan aturan peggunaan masker ganda tersebut agar kesehatan tetap terjaga serta terhindar dari penularan Covid-19. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 4M yakni mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait