Loket Penjualan Tiket KA Tutup Mulai 1 Januari 2021, Benarkah? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Loket Penjualan Tiket KA Tutup Mulai 1 Januari 2021, Benarkah?
BERITA

Loket Penjualan Tiket KA Tutup Mulai 1 Januari 2021, Benarkah?

SATUKANAL.com, NASIONAL– Penjualan tiket kereta api (KA) di loket akan dihentikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun mulai 1 Januari 2021. Kebijakan itu berlaku untuk 10 stasiun yang berada dalam lingkup Daop 7 Madiun.

Kesepuluh stasiun yang tidak melayani penjualan tiket KA lokal  berada di tiga kabupaten. Stasiun tersebut yaitu:

  • Stasiun Sembung
  • Stasiun Sumobito
  • Stasiun Peterongan
  • Stasiun Curahmalang
  • Stasiun Ngadiluwih
  • Stasiun Kras
  • Stasiun Sumbergempol
  • Stasiun Redjotangan
  • Stasiun Garum
  • Stasiun Talun

Ixfan Hendriwintoko selaku manajer Humas PT KAI Daop 7 mengatakan bahwa kebijakan meniadakan pelayanan pembelian tiket untuk kereta api lokal itu mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).Dalam aturan terkait penjualan tiket pada loket hanya bisa dilayani pada stasiun yang memadai dan memenuhi syarat phisycal distancing.

“Untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menghindari stasiun menjadi klaster-klaster baru penyebaran Covid-19, KAI Daop 7 Madiun rencananya per 1 Januari 2021 akan meniadakan pembelian tiket KA lokal secara langsung di 10 stasiun,” tambahnya.

Meskipun tidak melayani pembelian tiket untuk kereta api lokal, ke-10 stasiun tersebut masih tetap melayani naik turun penumpang termasuk boarding secara mandiri.

Baca Juga :  Diperpanjang! PPKM Mikro Jilid 2 di Kabupaten Kediri

“Tapi 10 stasiun tersebut masih melayani naik dan turunnya penumpang, sedangkan pembelian tiket dialihkan sistem online melalui KAI Access. Jadi, untuk para penumpang KA lokal tidak usah khawatir,” kata Ixfan Hendriwintoko.

Proses pemesanan tiket kereta api lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H -7 sampai dengan 15 menit sebelum keberangkatan. Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan jika penumpang hanya perlu memindai bardcode tiket pada scanner yang disediakan serta menunjukkan kartu identitas kepada petugas boarding.

Ixfan menambahkan dengan penutupan loket penjualan tiket di 10 stasiun tersebut dapat mengurangi risiko kerumuman penumpang. Di sisi lain PT KAI juga menerapkan aturan maksimal 70 persen penumpang pada kereta api jarak jauh maupun kereta api lokal.

“Penerapan 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, agar physical distancing di atas KA tetap terjaga. Bagi pelanggan KA Jarak Jauh atau jarak dekat tetap diharuskan dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dikatakan bahwa PT KAI melakukan pengawasan ketat, penumpang yang diperbolehkan naik hanya yang bersuhu kurang dari 37,3 derajat Celsius. Penumpang juga diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau memakai jaket.

Baca Juga :  Lianhua Qingwen Disebut bisa Obati Covid-19. Ini Faktanya

“Khusus penumpang jarak jauh diharuskan menunjukkan surat bebas COVID-19 (PCR/Rapid Test) maksimal 14 hari sejak diterbitkan, atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas,” imbuhnya.

Penumpang juga diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau memakai jaket. Lalu, paparnya, bagi pelanggan KA Jarak Jauh atau jarak dekat tetap diharuskan dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam.

Sebagai tambahan informasi, bagi para calon penumpang kereta api yang ingin melakukan pembatalan melalui KAI Access dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi KAI Access
  • Masuk menu My Trips lalu pilih kde booking untuk tiket yang akan dibatalkan. (seluruh tiket yang dibeli melalui channel eksternal bisa dibatalkan melalui aplikasi KAI access)
  • Masuk menu E-Ticket, lalu pilih pembatalan
  • Pilih nama penumpang selanjutnya checklist halaman syarat dan ketentuan sebelum setuju
  • Masukkan akun bank yang dimiliki dengan benar
  • Lakukan konfirmasi pembatalan tiket perjalanan kereta api sesuai dengan yang dipilih di tahap sebelumnya.
  • Kemudian, tekan tombol ‘konfirmasi dan lanjutkan’ yang tertera pada halaman knfirmasi pembatalan. Pastikan untuk merasa yakin ketika melakukan pembatalan tiket.

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait