Lokasi Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Berkat Sinyal Black Box Pesawat | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lokasi Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Berkat Sinyal Black Box Pesawat
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Lokasi Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Berkat Sinyal Black Box Pesawat

SATUKANAL.com, NASIONAL– Tim  pencarian dan gabungan pertolongan telah menemukan lokasi yang diduga kuat sebagai titik keberadaan dari black box milik pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Penemuan tersebut diketahui setelah Kapal Republik Indonesia (KRI) Rigel mendapatkan sinyal yang diduga kuat berasa dari kotak hitam atau black box pesawat yang sedang dicari.

“Terbukti, dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box terus bisa dipantau dan sudah kita beri marking,” kata Hadi (10/01/2021) yang dilansir dari tempo.com.

Menurut Hadi, black box tersebut akan diangkat dalam waktu yang tidak lama. Jika nanti sudah diangkat, katanya, black box Sriwijaya Air akan diberikan kepada Komite  Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT.

Black box merupakan merupakan perangkat perekam suara kokpit dalam pesawat. Perangkat itu terdiri dari dua bagian, yakni cockpit voice recorder (CVR) dan flight data recorder (FDR). Bagian FDR berisi data mengenai kecepatan, arah, dan ketinggian pesawat. Sedangkan, bagian CVR merekam komunikasi antara pilot, pengawas bandara, co-pilot dan suara lain di dalam kokpit.

Baca Juga :  Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Versi Top Beauty World, Kalahkan Kendall Jenner hingga Lisa Blackpink

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2020. Pesawat Boeing 737-500 itu lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng untuk menuju Bandara Supadio, Pontianak pada pukul 14.36 WIB dan hilang kontak beberapa menit setelahnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyadari, pencarian pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak itu bukanlah hal yang mudah. “Tetapi rekan-rekan dari Basarnas, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya bahu-membahu melakukan kegiatan ini dengan baik, sehingga kami bisa temukan lokasinya hari ini,” tutur Budi.

Baca Juga :  Heboh! Warganet Komentari Aksi Mensos Risma Blusukan Di Jakarta

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Basarnas Bagus Puruhito menjelaskan, tim SAR gabungan hingga hari ini telah menemukan sejumlah serpihan pesawat, dan bagian tubuh manusia, yang selanjutnya akan dikumpulkan dan diserahkan kepada Tim DVI Polri dan KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

Dikatakan bahwa Tim SAR Gabungan akan terus mengumpulkan potongan pesawat dan lainnya hingga proses pencarian dinyatakan selesai. Melansir dari kompas.com, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan bahwa tim dari KNKT yang menggunakan Kapal Baruna Jaya IV telah merapat ke kapal KRI Rigel yang berada di titik lokasi jatuhnya pesawat, untuk melakukan pencarian kotak hitam pesawat, dengan mengunakan unit ping locater finder.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait