Literasi Digital Kini Jadi Hal Vital, Dosen UB Kenalkan Manfaatnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Literasi Digital Kini Jadi Hal Vital, Dosen UB Kenalkan Manfaatnya
Para anak asuh dari Panti Asuhan Putra Ulil Abshar, Kecamatan Dau Kabupaten Malang (Foto: Dokumentasi Andi Setiawan)
BERITA Kanal Straight

Literasi Digital Kini Jadi Hal Vital, Dosen UB Kenalkan Manfaatnya

Satukanal.com, Malang – Dalam dunia pendidikan, siswa merupakan salah satu pengguna informasi. Informasi yang dibutuhkan siswa tidak hanya dalam format tercetak.

Internet mulai menyajikan informasi dalam format yang berbeda, yaitu digital. Hal ini yang menjadi alasan literasi berbasis digital menjadi hal yang vital saat ini.

Berkaca pada hal tersebut, M Alexander S.IP., M.IP dan Ruth Agnesia S.IP., MA Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UB memberikan pemahaman tentang manfaat gawai serta penggunaan tepatnya untuk menunjang literasi Digital bagi para anak asuh dari Panti Asuhan Putra Ulil Abshar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Jelang Muktamar, Ketum PBNU Sambangi Ponpes Lirboyo

“Selain manfaat gawai, kami juga memberikan pemahaman kepada para santri bahwa literasi digital membuat seseorang dapat mengawasi di lingkungannya dengan baik. Sehingga ia dapat berpartisipasi dalam kehidupan sosial dengan lebih baik,” ujar Ruth pada Satukanal.com

Selain itu, dia mengungkapkan perkembangan dan kemajuan teknologi internet menyebabkan penggunaan TI yang berlebihan di kalangan remaja perkotaan. Salah satunya yaitu pemanfaatan internet untuk menelusuri informasi yang tidak sesuai dengan usia dan dilakukan bukan atas dasar kepentingan tetentu.

Dia juga menyebut pemanfaatan jejaring sosial saat ini lebih banyak dilakukan pada motif identitas personal, dalam artian lebih ditekankan pada proses membangun relasi dengan orang lain. Tentunya inilah yang menjadi hal penting bahwa siswa di jaman sekarang memiliki pemahaman tentang pentingnya literasi Digital.

Baca Juga :  Uji Coba Pembukaan Wisata Kediri Masih Berlanjut

“Inti dari kegiatan ini adalah menyebarkan segala informasi dengan cara mensosialisasikan kepada target melalui beberapa cara seperti penayangan game education, dan penjelasan-penjelasan terkait literasi digital serta praktik dalam mengoperasionalkan aplikasi computer/gawai,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Adinda

Kanal Terkait